Jumat 02 Sep 2022 23:50 WIB

Penduduk GCC Kini Dapat Ajukan E-Visa Arab Saudi Secara Daring

Penduduk Uni Eropa juga bisa mengajukan permohonan visa saat kedatangan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Bandara Jeddah, Arab Saudi. Penduduk GCC Kini Dapat Ajukan E-Visa Arab Saudi Secara Daring
Foto: Anadolu Agency
Bandara Jeddah, Arab Saudi. Penduduk GCC Kini Dapat Ajukan E-Visa Arab Saudi Secara Daring

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengumumkan pada Kamis (1/9/2022) penduduk negara Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) sekarang dapat mengajukan e-Visa untuk mengunjungi Arab Saudi melalui portal dalam jaringan (daring). 

Penduduk GCC sekarang dapat mengajukan permohonan e-Visa melalui portal daring di www.visitsaudi.com/visa. Kemudian, penduduk Inggris Raya, Amerika Serikat (AS), dan Uni Eropa (UE) dapat mengajukan permohonan visa pada saat kedatangan di Arab Saudi.

Baca Juga

"Pemegang visa turis atau bisnis yang sah dari Inggris, AS, atau salah satu negara perjanjian Schengen tetap dapat mengajukan permohonan visa pada saat kedatangan, asalkan telah digunakan setidaknya sekali untuk memasuki negara pemberi visa," kata kementerian pariwisata negara ini seperti dikutip dari Arab News, Jumat (2/9/2022).

Kementerian menambahkan, peraturan baru menghapus kebutuhan banyak calon pengunjung untuk mengunjungi kedutaan megara mereka sebelum memasuki Arab Saudi. Hal ini meningkatkan peluang bagi calon pelancong melalui perjalanan yang disederhanakan.

Mengumumkan aturan baru, Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb mengatakan meningkatkan pengalaman pengunjung adalah jantung masa depan sektor pariwisata.

Ia menambahkan, melalui pemanfaatan inovasi digital dan merampingkan perjalanan wisatawan, Arab Saudi menyambut lebih banyak pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

"Di jalur yang tepat untuk mewujudkan tujuan visi 2030 kami yang ambisius, ini merupakan langkah penting saat kami mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan, tangguh, dan kompetitif," katanya. 

Dia menambahkan pariwisata menjembatani budaya dan menghubungkan komunitas, memberikan peluang dan mengangkat lingkungan. "Saya bangga memimpin pelayanan saat kita membangun masa depan ini bersama-sama," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement