Jumat 23 Sep 2022 16:45 WIB

Calhaj Diminta Persiapkan Diri dengan Rutin Aktifitas Fisik

Sebagai contoh, setelah shalat subuh bisa jalan kaki sekitar rumah selama 30 menit.

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
Calon jamaah haji melakukan tes kesehatan (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon jamaah haji melakukan tes kesehatan (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Sosialisasi Kesehatan Haji terselenggara berkat kerja sama Pusat Kesehatan Haji dengan DPR RI Komisi IX serta Dinas Kesehatan Provinsi/ Kabupaten/Kota. Sosialisasi tersebut diselenggarakan rutin setiap tahun.

Beberapa waktu lalu, sosialisasi Kesehatan Haji dilaksanakan di Kota Jambi. Dalam kegiatan tersebut, diundang calon jamaah haji tahun 2023.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Kerja Strategi Pengembangan Kesehatan Haji dr Andi Ardjuna Sakti menyebut sehat belum tentu bugar. Untuk itu, perlu persiapan diri dalam melakukan ibadah haji yang penuh dengan aktifitas fisik.

"Sebagai contoh, setelah shalat subuh bisa jalan kaki sekitar rumah selama 30 menit, sebagai latihan fisik, hal ini dapat melatih fisik menjadi bugar," ujar dia dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (23/9/2022).

Andi juga mengingatkan hal ini juga berkaitan dengan istitha'ah kesehatan haji, yaitu kemampuan khususnya dengan kesehatan yang terukur. Aktifitas fisik setiap orang berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi badan masing-masing.

Menyikapi haji tahun 2023, calon jamaah haji disebut harus mempersiapkan diri sedini mungkin, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan awal. Jika terdapat masalah kesehatan, maka dengan segera dapat diantisipasi sejak awal. Jika kemudian diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, maka dapat dirujuk ke Rumah Sakit.

Pun jika dari hasil pemeriksaan didapati adanya penyakit yang mengkhawatirkan seperti penyakit jantung, hipertensi, atau gula darah (diabetes), maka calon jamaah haji segera melakukan pengobatan secara teratur. Tujuannya, agar pada waktu keberangkatan ke Arab Saudi, kondisi calon jamaah haji sudah lebih baik.

Pada kegiatan ini turut di hadiri oleh anggota Komisi IX DPR/RI Sutan Adil Hendra. Ia menitip pesan agar calon jamaah haji membiasakan pola hidup sehat.

Di antaranya adalah melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merikok, tidak mengkonsumsi minuman beralkhohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kesehatan lingkungan, serta menggunakan jamban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement