Warga Manggarai Diminta Antisipasi Dampak Hujan dan Petir Musim Pancaroba

Senin , 03 Oct 2022, 17:39 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Warga Manggarai Diminta Antisipasi Dampak Hujan dan Petir Musim Pancaroba
Warga Manggarai Diminta Antisipasi Dampak Hujan dan Petir Musim Pancaroba

IHRAM.CO.ID, MAUMERE -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega mengingatkan warga Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur tentang potensi hujan dan petir pada musim pancaroba ini.

 

Terkait

"Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang hingga sore hari," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Kabupaten Manggarai Decky Irmawan, Senin (3/10/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan wilayah Manggarai mulai memasuki musim pancaroba. Selain itu, ada aktivitas gelombang Rossby berdasarkan prakiraan cuaca Manggarai.

Dia mengatakan kondisi itu disebabkan pula oleh suhu muka laut di wilayah Manggarai yang berkisar antara 28-30 derajat Celcius. Selain itu massa udara basah terkonsentrasi di lapisan ketinggian 700-3.148 mb.

Oleh karena itu, BMKG meminta masyarakat untuk mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ini. Selain itu, BMKG memberikan peringatan dini potensi hujan dan petir yang mana kecepatan angin mencapai 2-20 km per jam dengan prediksi tiga hari ke depan.

BMKG juga memberikan peringatan dini waspada potensi gelombang yang bisa mencapai 2,5 meter di Laut Sawu bagian utara dengan kecepatan angin mencapai 27 km per jam.

Decky meminta warga untuk berhati-hati dalam beraktivitas dan melakukan tindakan antisipasi dampak yang bisa ditimbulkan. Dia mengajak masyarakat tidak mempercayai informasi lain di luar info resmi BMKG.

"Masyarakat dapat mengikuti informasi cuaca terkini dengan mengakses aplikasi BMKG dan sosial media resmi BMKG," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini