Senin 03 Oct 2022 22:35 WIB

Dua Peran Penting Kota Kairouan di Kawasan Magribi

Kairouan adalah sebuah kota kecil sekitar 156 km dari ibu kota Tunisia.

Menara masjid di Kairouan, Tunisia.
Foto:

Kairouan mempunyai peranan penting dalam penyebaran dan pengajaran agama Islam, sesuai dengan harapan ketika pembangunan kota ini, yaitu untuk mengajak penduduk Afrika memeluk Islam.

Pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz pernah diutus delegasi ke Kairouan. Umar bin Abdul Aziz ingin meningkatkan taraf pengetahuan agama penduduk Kota Kairouan. Beliau kemudian menjadikan Kairouan sebagai sentral tempat delegasinya yang terdiri atas 10 ulama dari kalangan tabiin yang dikirim ke Afrika. Mereka mengajarkan Islam kepada penduduk Kairouan. 

Tokoh-tokoh Kairouan yang terkenal di antaranya Imam Sahnun bin Said yang merupakan murid Imam Malik. Beliau adalah pengarang kitab Al-Mudawwanah yang berperan besar dalam mengodifikasi Mazhab Maliki, Imam Abu Zayid Al-Qayrawani, Yahya bin Salamah Al-Bashri. Sedangkan, di bidang kedokteran dikenal keluarga Ibnul Jazzar.

Saat ini Kairouan menjadi objek tersohor di Tunisia. Masjid Kairouan yang dibangun oleh Uqbah bin Nafi bersamaan dengan didirikannya Kota Kairouan merupakan objek wisata tersohor sepanjang sejarah, di samping merupakan masjid tertua di Arab Maghribi.

Selain itu, masjid itu juga merupakan sumber utama yang mengilhami seni ornamen dan arsitektur di Arab Maghribi dan Andalusia. Masjid Kairouan juga merupakan tempat belajar berbagai persoalan agama, bahasa, dan ilmu pengetahuan yang kelak menelurkan tokoh-tokoh terkemuka pada zamannya.

Di dalam masjid dan sekolah Kairouan dibangun sebuah perpustakaan. Kota Kairouan kemudian semakin meluas hingga menjadi salah satu kota paling terkenal di Arab Maghribi. Kairouan pun menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan dan keagamaan. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement