Temuan Peradaban Islam yang Mengubah Dunia

Rabu , 05 Oct 2022, 21:21 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Universitas

 

Terkait

Keberadaan universitas atau perguruan tinggi di era modern juga tak lepas dari kontribusi dunia Islam. Dalam sejarah Islam, keberadaan masjid bukan saja sebagai sarana ibadah melainkan juga tempat belajar. Imam bukan hanya sebagai pemimpin shalat berjamaah, tetapi juga pengajar bagi beberapa siswa.

Sementara, mata pelajarannya adalah ilmu-ilmu keislaman seperti Alquran, fikih, dan hadis. Seiring perkembangan dunia Islam, muncullah kebutuhan akan lembaga formal dalam pendidikan yang dikenal dengan nama madrasah. Kala itu, madrasah diperuntukkan bagi para mahasiswa sehingga seperti universitas atau perguruan tinggi.

Madrasah pertama kali didirikan pada 859 M oleh Fatima Al Fihri di Kota Fes, Maroko. Keberadaan madrasah ini menarik minat beberapa ulama terkemuka di Afrika Utara dan Jazirah Arab. Tak lama kemudian, berdatanganlah para calon mahasiswa dari wilayah Arab ke Maroko.

Informasi tentang lembaga pendidikan pertama yang memberikan gelar kepada para siswanya menyebar dengan cepat ke seluruh negara Islam pada masa itu. Konsep pendidikan ini pun menyebar hingga ke Eropa melalui Muslim di Spanyol.

Akhirnya, pada abad ke-11 dan ke-12, Universitas Bologna di Italia dan Oxford menjadi lembaga pendidikan yang meneruskan tradisi Islam dalam memberikan gelar dan sertifikat kelulusan kepada para mahasiswanya.