Sabtu 15 Oct 2022 05:33 WIB

Masjid di Cologne Mulai Kumandangkan Adzan pada Jumat

Masjid Pusat Cologne akan diizinkan untuk mengumandangkan satu kali adzan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Raya Cologne
Foto: EPA
Masjid Raya Cologne

IHRAM.CO.ID, COLOGNE -- Masjid terbesar di Jerman akan menyiarkan adzan untuk pertama kalinya pada hari Jumat. Itu datang sebagai bagian dari kesepakatan antara Masjid Pusat Cologne dan pemerintah kota.

"Kami sangat senang," kata sekretaris jenderal otoritas urusan agama pemerintah Turki di Jerman, DITIB, yang mengelola masjid, Abdurrahman Atasoy, dilansir dari laman DW pada Jumat (14/10/2022).

Baca Juga

"Adzan publik adalah tanda bahwa umat Islam berada di rumah di sini," lanjutnya.

Wali kota cologne, Henriette Reker mengatakan, mengizinkan adzan adalah tanda penghormatan bagi banyak Muslim di kota itu. Cologne memiliki lebih dari 100 ribu penduduk Muslim.

 

Masjid-masjid di beberapa kota di Jerman telah lama diizinkan untuk mengumandangkan adzan. Akan tetapi Cologne baru menyetujuinya akhir tahun lalu.

Masjid besar di distrik Ehrenfeld akan menjadi masjid pertama di kota yang mengumandangkan adzan Jum'at. Masjid-masjid lain di kota itu juga telah menyatakan minatnya untuk mengambil bagian dalam proyek percontohan dua tahun itu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Masjid Pusat Cologne akan diizinkan untuk mengumandangkan satu kali adzan melalui pengeras suara hingga lima menit pada hari Jumat, antara siang hingga pukul 15:00. Volume tidak boleh melebihi 60 desibel.

Adapun Masjid Pusat Cologne telah menjadi titik nyala sentimen anti-Muslim di masa lalu dan telah dikecam terutama karena keterlibatan DITIB. Kritikus menuduh organisasi itu memata-matai para pembangkang Turki yang tinggal di Jerman.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi meresmikan Masjid itu selama kunjungan kontroversial ke Jerman pada September 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement