Rabu 02 Nov 2022 08:58 WIB

Unik, Masjid Ridwan dengan Arsitektur China di Lombok

Masjid Ridwan menjadi salah satu objek wisata religi yang ada di Dusun Jurang Malang.

Masjid Al Ridwan di Dusun Jurang Malang, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Unik, Masjid Ridwan dengan Arsitektur China di Lombok
Foto:

Tepat berada di atas perbukitan menunjukkan bahwa pemilik ingin merasa dekat dengan tuhannya, karena pada zaman dahulu orang-orang melakukan persemedian di tempat yang tertinggi untuk mendapatkan suatu keputusan. Maliki mendapat ide pembangunan masjid itu setelah mendengar tausiyah di radio tentang kisah Nabi Musa AS yang naik ke atas bukit untuk berkomunikasi dengan Tuhannya.

"Setelah mendengarkan kisah tersebut, dengan begitu saya membuat masjid di atas bukit," katanya.

Dipenuhi dengan warna merah dan kuning merupakan suatu warna yang wajib ada di kehidupan orang China karena warna tersebut melambangkan suatu kebaikan, warna identitas bagi etnis China dan juga melambangkan suka cita dalam kepercayaan etnis tersebut. Berbeda dengan warna pintu masuk dari masjid tersebut yang terbuat dari kayu pohon jati, memiliki ukiran bermotif bunga matahari yang cantik berwarna coklat kehitaman, melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

Di samping pintu masuk terdapat dua tulisan Mandarin sebelah kiri dan kanan yang artinya "Biarpun kita jauh, namun kita tetap dekat karena kita bersaudara sesama Muslim". Kemudian tulisan yang satunya menjelaskan seluruh manusia yang ada di bumi adalah saudara.

Selain tempat beribadah, Masjid Ridwan menjadi salah satu objek wisata religi yang ada di Dusun Jurang Malang. Bahkan, masjid tersebut resmi dijadikan sebagai ikon Desa Pakuan pada 2013 karena bentuknya yang unik. Banyak pengunjung yang berdatangan mengabadikan momen dengan berswafoto di setiap sudut masjid tersebut, khususnya di hari Sabtu dan Ahad (hari libur).

Dengan posisi Masjid Ridwan tepat berada di atas perbukitan dan dikelilingi dengan taman yang indah, pengunjung akan mendapatkan kenyamanan dan keindahan ketika melihat bangunan masjid yang unik dan cantik. Salah satu pengunjung, Zainal, mengungkapkan, arsitektur yang indah dan angin yang sepoi-sepoi membuat ia enggan meninggalkan masjid tersebut. Ingin rasanya berdiam diri di tempat itu.

Dia mengaku sangat suka dengan masjid itu karena banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan spot foto dan tempatnya juga jauh dari keramaian. Selain sebagai tempat beribadah dan berwisata, Masjid Ridwan juga sering dijadikan tempat berlangsungnya acara pernikahan dengan diberikan hadiah langsung oleh pemilik masjid tersebut berupa satu ekor kambing atau uang tunai.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement