Selasa 08 Nov 2022 21:55 WIB

Menilik Pusat Pemandian di Suriah

Pusat pemandian di Damaskus, Suriah, terdiri atas tiga bagian utama.

Hammam di Suriah (ilustrasi)
Foto: flickr.com
Hammam di Suriah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Pusat pemandian di Damaskus, Suriah, terdiri atas tiga bagian utama yang dirancang dengan temperatur tertentu. Al-Barrani adalah bagian yang terdiri atas sebuah ruang luas tertutup, yang dilengkapi dengan kubah dan jendela-jendela berkaca patri.

Di bagian ruang tersebut, terdapat sejumlah air mancur dan kolam yang  berdekorasi indah. Para arsitek dari Damaskus menuangkan keahlian mereka dalam merancang ruangan ini melalui hiasan dinding Al-Barrani dengan keramik mewah yang berwarna-warni.

Kemudian, dipasang pula cermin dan piringan kaligrafi serta sejumlah peribahasa Arab. Sepanjang dinding, juga disediakan handuk yang beraneka warna. Selesai mandi, mereka bisa ke ruang lainnya, yaitu tempat beristirahat setelah mandi.

Dengan suasana yang ramah, pengelola pusat pemandian dan para pekerja di sana berinteraksi dengan orang-orang yang datang ke pusat pemandian itu. Mereka bisa saling bertukar kisah, berita, atau bahkan lelucon. Di ruangan itu, mereka yang datang juga mendapatkan minuman.

Mereka mendapatkan minuman hangat, seperti teh rasa mint dan kopi, dan ada minuman dingin yang menyegarkan. Bagian lain yang ada di pusat pemandian itu adalah Al-Wastani (tepidarium) yang merupakan ruang tengah di pusat pemandian itu.

Bagian itu terletak di antara ruang istirahat dan ruang uap. Biasanya, bagian ini merupakan bangunan berbentuk empat persegi panjang, seperti sebuah koridor. Temperatur di bagian ini dirancang bersuhu sedang dan berisi sejumlah bangku.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement