Ahad 13 Nov 2022 00:15 WIB

Lima Destinasi Hiking Terbaik di Arab Saudi Saat Musim Dingin

Arab Saudi rumah bagi pemandangan-pemandangan yang menakjubkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jebel Fihrayn adalah bagian dari Tuwaiq Escarpment dan turun 300 meter ke dasar laut kuno. Terletak lebih dari 90 kilometer barat laut ibu kota Kerajaan, Riyadh, Jebel Fihrayn adalah salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Arab Saudi. Lima Destinasi Hiking Terbaik di Arab Saudi Saat Musim Dingin
Foto:

Wadi al Disah

Terletak di antara tebing batu pasir yang menjulang tinggi, Wadi al-Disah adalah daerah pegunungan yang terletak 4.000 meter persegi di barat daya Provinsi Tabuk. Wadi al-Disah diterjemahkan menjadi "lembah pohon palem" dan dikatakan sebagai salah satu dari rangkaian kompleks enam lembah seperti ngarai batu pasir.

Ciri yang mencolok dari lembah ini adalah ukurannya. Di pintu masuk timur ngarai, tebing samping lebih tinggi dari 100 meter, dan di pintu masuk barat, celah antara dasar wadi dan tebing tertinggi mencapai ketinggian 500 meter. Waktu terbaik untuk pergi hiking di Wadi al-Disah adalah antara November dan Maret.

photo
Wadi Al-Disah: Lembah Terkenal di Wilayah Tabuk Arab Saudi - (Arab News)

Kawah Al Wahba

Sebuah kawah gunung berapi yang terletak di wilayah Hejazi, Kawah al-Wahba berjarak sekitar 350 kilometer timur laut Jeddah. Kawah tersebut memiliki kedalaman sekitar 820 kaki dan lebar 1,2 mil, dan meskipun kering dan tandus, ia dikelilingi oleh tumbuhan hijau berupa pohon palem dan semak belukar.

Terletak di tengah bukit pasir, Kawah al-Wahba menampilkan berbagai corak warna dari sudut yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Kristal natrium fosfat putih yang tersimpan di dasar kawah menciptakan efek berkilauan di bawah sinar matahari.

Pendakian memakan waktu sekitar dua jam saat naik dan 40 menit hingga satu jam ketika turun dan disarankan untuk dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari paparan sinar matahari yang intens.

Tips Keamanan 

Penting untuk diperhatikan langkah-langkah keamanan yang harus diambil di tempat-tempat pendakian ini, karena tempat-tempat tersebut dapat menghadirkan tingkat kesulitan yang berbeda-beda tergantung pada tingkat pengalaman mendaki seseorang.

Disarankan untuk merencanakan perjalanan terlebih dahulu dan meneliti daerah tersebut, iklimnya, dan hal-hal penting lainnya di dekat jalur pendakian. Pendaki disarankan untuk tiba di tempat ini dengan pakaian yang layak dan sepatu hiking sesuai dengan cuaca dan medan di daerah tersebut.

Pendaki juga disarankan melihat rute perjalanan sebelum memulai pendakian. Dapat juga melakukan bepergian secara kelompok atau memilih pemandu wisata. Kotak P3K dan kantong tidur juga penting untuk dibawa jika terjadi keadaan darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement