November 2022 Diperkirakan Jadi Puncak Hunian Hotel di Solo

Selasa , 15 Nov 2022, 22:53 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi hotel di Solo, Jawa Tengah. November 2022 Diperkirakan Jadi Puncak Hunian Hotel di Solo
Ilustrasi hotel di Solo, Jawa Tengah. November 2022 Diperkirakan Jadi Puncak Hunian Hotel di Solo

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo menyebut puncak tingkat hunian hotel di Solo Raya pada 2022 diperkirakan terjadi pada November seiring dengan padatnya penyelenggaraan acara pada beberapa minggu terakhir.

 

Terkait

"Saat ini kawan-kawan perhotelan sudah bisa menikmati tingginya okupansi karena kegiatannya nyambung terus ya. Terus beriringan, peresmian Masjid Sheikh Al Zayed, Muktamar Muhammadiyah, Munas Hipmi, kemudian akan ada konser Dewa," kata Perwakilan Humas PHRI Solo Sistho A Srestho, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan beberapa kegiatan tersebut banyak mengundang massa dalam jumlah banyak sehingga diperkirakan akan berdampak pada tingginya jumlah tamu hotel. Ia pun memperkirakan angka okupansi hotel di Solo Raya pada November akan mencapai 85 persen, bahkan ada yang lebih dari 90 persen. Menurut dia, angka tersebut mengalami kenaikan lima-10 persen dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Memang bulan-bulan sebelumnya di tahun ini juga cukup bagus, karena sebelumnya banyak kegiatan juga. Namun sepertinya November ini akan jadi tertinggi di tahun ini," katanya.

Mengenai perbandingan permintaan hotel bintang dan nonbintang, ia mengatakan melihat tingginya jumlah massa yang datang ke Solo, setiap hotel akan kebanjiran permintaan. "Tidak ada lagi mana yang diminati, semua akan digunakan. Contohnya Muktamar Muhammadiyah kan jumlah massa yang akan datang diperkirakan mencapai tiga juta orang," katanya.

Untuk ketersediaan kamar hotel, di Solo dan sekitarnya terdapat sekitar 8.000 kamar dari sekitar 160 hotel. Terkait penerapan protokol kesehatan, menurut dia, para pengelola hotel sudah cukup disiplin dan konsisten melaksanakan prokes serta CHSE, yakni kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.

"Namun kami terus mengingatkan ke seluruh anggota, banyak tamu hotel sehingga kami harus jadi tuan rumah yang baik. Memberikan rasa nyaman dan aman kepada para tamu. Konsistensi disiplin pada penerapan prokes. Adanya CHSE, itu harus dilakukan secara konsisten," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini