Kamis 17 Nov 2022 22:13 WIB

Pengelolaan Baitul Mal di Masa Sahabat, Seperti Apa?

Baitul mal baru benar-benar berdiri sebagai suatu lembaga pada masa Umar bin Khattab

Zakat (ilustrasi)
Foto:

Diprotes rakyat

Lain halnya pada masa pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan. Karena pengaruh yang besar dari keluarganya, cara Utsman mengelola baitul mal banyak menuai protes dari rakyat. Dalam hal ini, lbnu Sa’ad menukilkan ucapan Ibnu Syihab Az Zuhri (51-123 H/670-742 M), seorang yang sangat besar jasanya dalam mengumpulkan hadis.

Dikatakan Ibnu Syihab, “Utsman telah mengangkat sanak kerabat dan keluarganya dalam jabatan-jabatan tertentu pada enam tahun terakhir masa pemerintahannya. Ia memberikan seperlima ghanimahdari penghasilan Mesir kepada Marwan (yang kelak menjadi khalifah ke-4 Bani Umayyah), serta memberikan harta yang banyak sekali kepada kerabatnya. Dan, ia (Utsman) menafsirkan tindakannya itu sebagai suatu bentuk silaturahim yang diperintahkan Allah SWT.”

Ia juga menggunakan harta dan meminjamnya dari baitul mal sambil berkata, “Abu Bakar dan Umar tidak mengambil hak mereka dari baitul mal, sedangkan aku telah mengambil dan membagikannya kepada sanak kera batku.” Karena itulah, rakyat memprotesnya.

Bagaimana dengan baitul mal di masa Khalifah Ali bin Abi Thalib? Pada masa itu, kondisi baitul mal dikembalikan seperti posisinya sebelum masa Khalifah Utsman bin ‘Affan. Ali, seperti disebutkan lbnu Kasir, juga mendapat santunan dari baitul mal. Ia mendapatkan jatah pakaian yang hanya bisa menutupi tubuh sampai separuh kakinya. Bahkan, sering kali bajunya dipenuhi tambalan. 

Ketika berkobar peperangan antara Ali bin Abi Talib dan Mu’awiyah bin Abu Sufyan (khalifah pertama Bani Umayyah), orang-orang di sekitar Ali menyarankannya agar mengambil dana dari baitul mal sebagai ha diah bagi orang-orang yang membantunya. Tujuannya untuk mempertahankan diri Ali dan kaum Muslimin. Mendengar ucapan itu, Ali sangat marah dan berkata, “Apakah kalian memerintahkanku untuk mencari kemenangan dengan kezaliman? Demi Allah, aku tidak akan melakukannya selama matahari masih terbit dan selama masih ada bintang di langit.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement