Jumat 18 Nov 2022 20:40 WIB

Mengenal Karya-Karya Al-Jazari

Al-Jazari tak hanya mampu menciptakan robot pemain musik.

Al-Jazari (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Al-Jazari (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Sebagai kepala insinyur kerajaan, al-Jazari tak hanya mampu menciptakan robot pemain musik. Ia pun melahirkan sederet adikarya lainnya dalam bidang teknik. Berikut adalah beberapa adikarya itu:

1. Mesin engkol

Baca Juga

    Al-Jazari berhasil menciptakan mesin engkol yang terhubung dengan sistem batang pada 1206.

2. Roda gigi

     Ini merupakan temuan penting al-Jazari. Dialah insinyur yang merintis temuan roda gigi. Temuan ini jauh mendahului jam astronomi Giovanni de Dondi pada 1364, juga Francesco di Giorgio dalam desain permesinan Eropa (1501).

3. Mesin pompa air

    Al-Jazari menemukan lima jenis mesin untuk menaikkan air, di antaranya kincir air dan roda air. Dalam bidang ini, mesin pertama yang dirancang oleh al-Jazari adalah jam air yang dikenal sebagai jam benteng.  Tenaga penggeraknya adalah lima pompa sebagai mesin. Banyak analisis dari prinsip-prinsip matematika dan mekanika yang digunakan sang jenius untuk menjelaskan desain ini. Adikarya al-Jazari ini selanjutnya diadopsi untuk membuat berbagai komponen pompa. 

4. Jam

    Al-Jazari merancang dan membuat beragam jam. Selain jam air, ada pula jam portabel bertenaga air yang mirip jam tangan modern. Ia juga menemukan jam astronomis bertenaga air untuk menampilkan model matahari, bulan, dan bintang-bintang dalam pergerakannya masing-masing. Jam gajah adalah inovasi lainnya yang memadukan jam air dan ilmu astronomi dengan penunjukan waktu yang akurat. Jam ini pernah direkonstruksi di Museum Sains London pada 1976, dan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan.

5. Piston

    Adikarya lain yang sangat luar biasa dari sang maestro teknik ini adalah mesin pompa yang digerakkan oleh air dengan bantuan piston.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement