Selasa 13 Dec 2022 13:35 WIB

Restorasi Lampu Gantung Masjid Muhammad Ali Selesai  

Restorasi lampu Masjid Muhammad Ali oleh Dewan Tinggi Kepurbakalaan Mesir.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Interior Masjid Muhammad Ali Pasha di Kairo, Mesir.
Foto: flickr.com
Interior Masjid Muhammad Ali Pasha di Kairo, Mesir.

IHRAM.CO.ID,KAIRO – Pemeliharaan dan restorasi lampu gantung utama Masjid Muhammad Ali di Benteng Salahuddin Al Ayyubi di Kairo, Mesir telah selesai. Proyek pemeliharaan dan restorasi itu dilakukan oleh tim restorasi dari Dewan Tinggi Kepurbakalaan Mesir. 

Seperti dilansir Egypt Independen pada Selasa (13/12/2022) Sekretaris Jenderal Dewan Tinggi Kepurbakalaan Mesir Mustafa Waziry mengatakan bahwa pemugaran yang sedang berlangsung di Masjid Muhammad Ali termasuk dalam proyek pemugaran dan pemeliharaan Benteng Saladin pada umumnya.

Baca Juga

Kepala sektor barang antik Islam, Koptik, dan Yahudi di Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Osama Talaat menjelaskan bahwa pekerjaan restorasi lampu gantung utama Masjid Muhammad Ali berlangsung sekitar tiga tahun, termasuk pemasangan kembali bagian-bagian lampu. Di antaranya pengerjaan pembersihan mekanik dan perawatan kimia untuk semua bagian lampu serta pekerjaan pemeliharaan kelistrikan.

Masjid Muhammad Ali dibangun pada masa pemerintahan Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 M dan 1848 M. Masjid ini dikenal sebagai masjid pualam, karena semua dinding masjid dilapisi dengan pualam yang dibawa dari tambang Beni Suef

Dekorasi berlanjut hingga era Abbas Helmy I. Masjid ini terdiri dari mushola dan bagian depan mushola. Tempat ibadah ini ditutupi dengan kubah utama, tempat lampu gantung utama yang telah dipugar dengan berat sekitar dua ton dan diameter lima meter.

Ada juga kubah yang lebih kecil di sekitar kubah tengah di sudut dan setengah kubah di sekitar kubah tengah. Makam Muhammad Ali terletak di depan masjid. Terdapat sebuah area yang di tengahnya adalah tempat wudh, dan dikelilingi oleh empat serambi. Masjid ini memiliki dua menara, masing-masing setinggi sekitar 82 meter.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement