Rabu 28 Dec 2022 16:18 WIB

Pria Nigeria Habiskan Dua Tahun Bersepeda demi Tunaikan Umroh

Dia sempat menghadapi ancaman dari pemberontak dan binatang buas dalam perjalanannya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pria Nigeria menghabiskan dua tahun perjalanan dengan sepeda untuk menunaikan umroh di Makkah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.  Aliyu Abdullahi Bala, yang tiba di Jeddah pada 8 Desember lalu, disambut hangat oleh pejabat Konsulat Jenderal di Jeddah atas nama Duta Besar Nigeria Yahaya Lawal. Bala disebut mendapat semua bimbingan, bantuan, dan dukungan konsuler. Pria Nigeria Habiskan Dua Tahun Bersepeda demi Tunaikan Umroh
Foto: Nigerian Embassy
Seorang pria Nigeria menghabiskan dua tahun perjalanan dengan sepeda untuk menunaikan umroh di Makkah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah. Aliyu Abdullahi Bala, yang tiba di Jeddah pada 8 Desember lalu, disambut hangat oleh pejabat Konsulat Jenderal di Jeddah atas nama Duta Besar Nigeria Yahaya Lawal. Bala disebut mendapat semua bimbingan, bantuan, dan dukungan konsuler. Pria Nigeria Habiskan Dua Tahun Bersepeda demi Tunaikan Umroh

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Seorang pria Nigeria menghabiskan dua tahun perjalanan dengan sepeda untuk menunaikan umroh di Makkah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Aliyu Abdullahi Bala, yang tiba di Jeddah pada 8 Desember lalu, disambut hangat oleh pejabat Konsulat Jenderal di Jeddah atas nama Duta Besar Nigeria Yahaya Lawal. Bala disebut mendapat semua bimbingan, bantuan, dan dukungan konsuler.

Baca Juga

"Konsulat memfasilitasi perjalanan Bala selanjutnya dengan sepedanya ke kota suci Makkah dan Madinah,” ujar Lawal, dikutip di Arab News, Rabu (28/12/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Nigeria juga mengatakan Misi Nigeria dengan hangat menyambut pengendara sepeda dari Nigeria ke Kerajaan. Bala meninggalkan Jos, Negara Bagian Dataran Tinggi pada Februari 2021, untuk umroh di Makkah dan kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah. Ia disebut tiba di Kerajaan dengan aman dalam memenuhi sumpah dan misinya.

Belakangan, Dubes dikatakan telah bertemu dengan pengendara sepeda asal Nigeria itu saat kembali ke Jeddah, setelah mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah. Bala pun menyebut pengalamannya ini seperti perjalanan berarti seumur hidupnya. Ini adalah impiannya yang menjadi kenyataan, berkat Allah SWT yang telah memberi keberanian untuk melakukan ibadah keagamaan yang penting.

"Tidak peduli betapa sulitnya melewati kota-kota suci dari pantai barat Afrika. Saya juga berterima kasih kepada Kedutaan Besar Nigeria dan Konsulat atas semua dukungan dan dorongan moralnya,” kata Bala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement