Rabu 28 Dec 2022 16:18 WIB

Pria Nigeria Habiskan Dua Tahun Bersepeda demi Tunaikan Umroh

Dia sempat menghadapi ancaman dari pemberontak dan binatang buas dalam perjalanannya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pria Nigeria menghabiskan dua tahun perjalanan dengan sepeda untuk menunaikan umroh di Makkah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.  Aliyu Abdullahi Bala, yang tiba di Jeddah pada 8 Desember lalu, disambut hangat oleh pejabat Konsulat Jenderal di Jeddah atas nama Duta Besar Nigeria Yahaya Lawal. Bala disebut mendapat semua bimbingan, bantuan, dan dukungan konsuler. Pria Nigeria Habiskan Dua Tahun Bersepeda demi Tunaikan Umroh
Foto:

Bala merupakan orang pertama yang melakukan perjalanan seperti itu dari Nigeria di zaman modern. Ia sangat bersemangat sejak dia tiba di Kerajaan. Ia berhasil selamat dari banyaknya rintangan dan bahaya selama perjalanannya yang sulit, yang dimulai di Nigeria di pantai barat Afrika, melewati Niger, Chad dan Sudan sebelum tiba di tujuannya.

Dia sempat menghadapi ancaman dari pemberontak, bandit yang mengambil ponselnya, dan binatang buas. Namun, Bala dihadiahi ponsel baru oleh orang-orang dermawan dari sebuah kota kecil di Sudan, setelah dia menceritakan pengalamannya yang mengerikan tentang para bandit.

Bala bercerita dirinya sering tidur di semak-semak, juga mendorong sepedanya berkilo-kilometer saat bannya kempes. Dia diperlakukan sebagai panutan oleh banyak orang dalam perjalanannya.

"Saya disambut sebagai pahlawan di semua kota besar dan kecil yang saya lewati. Saya juga menerima sumbangan dan dukungan dari orang-orang," lanjut dia. Setelah menyelesaikan ritualnya, Bala terbang pulang. Awal tahun ini, peziarah Inggris Adam Mohammed berjalan dari Wolverhampton, Inggris, ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Dia berjalan melalui Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hungaria, Rumania, Bulgaria, Turki, Lebanon, Suriah, dan Yordania untuk mencapai Saudi.

Dia berhasil mencapai Masjid Aisyah di Makkah pada 26 Juni, di mana kerumunan besar peziarah, penduduk setempat dan kedua putrinya, yang terbang dari Inggris, menyambutnya di kota suci.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement