Sabtu 07 Jan 2023 06:15 WIB

AlUla di Arab Saudi Masuk Tujuh Keajaiban Dunia Versi Aaron Millar

AlUla mengungkap sepotong sejarah Arab berusia 200 ribu tahun.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober. AlUla di Arab Saudi Masuk Tujuh Keajaiban Dunia Versi Aaron Millar
Foto: afalula.com
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober. AlUla di Arab Saudi Masuk Tujuh Keajaiban Dunia Versi Aaron Millar

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Situs AlUla di Utara Arab Saudi telah masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia tahun 2023. Kota bersejarah ini masuk dalam daftar yang disusun oleh penulis perjalanan pemenang penghargaan Aaron Millar.

AlUla adalah tempat sejarah dan warisan budaya yang luar biasa. Namun, hingga saat ini sangat sedikit orang di luar Arab yang mengetahui tempat tersebut atau mengunjungi wilayah tersebut. Menurut Millar, ketika situs tersebut secara resmi dibuka untuk pengunjung pada akhir tahun 2022, situs tersebut mengungkap sepotong sejarah Arab berusia 200 ribu tahun.

Baca Juga

AlUla terletak di jantung gurun Barat Laut Arab Saudi, yang sebagian besar masih belum dijelajahi. Diperkirakan kurang dari lima persen situs telah digali. Situs Warisan Dunia UNESCO Hegra (Al-Hijr) terkenal dengan makam monumentalnya yang rumit yang diukir di tebing batu pasir merah mencolok.

Dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (6/1/2023), Kota Tua AlUla adalah labirin rumah bata lumpur yang kini terbengkalai dengan warna tanah gurun. Ada seni cadas kuno dan restoran dari koki ternama termasuk Maraya, yang didirikan oleh koki berbintang Michelin Jason Atherton, dan terletak di atas gedung bercermin terbesar di dunia.

 

Dari Tujuh Keajaiban Dunia yang asli, hanya satu Piramida Agung Giza yang masih ada. Taman Gantung Babilonia, Mercusuar Alexandria, Kuil Artemis, Colossus of Rhodes, Patung Zeus di Olympia dan Mausoleum di Halicarnassus semuanya telah memudar menjadi debu dan kenangan. Jadi, Millar memutuskan membuat daftar tujuh keajaiban dunia baru setiap tahun, memilih tempat paling menakjubkan di planet ini untuk melihat bintang, melihat satwa liar, dan panorama yang menakjubkan.

Selain AlUla, situs lain yang masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Millar untuk tahun 2023 termasuk Mont Saint-Michel Prancis, Gletser Perito Moreno Argentina, Biara Sarang Harimau Bhutan, Cappadocia Turki, Lake District Britania Raya dan The Sardine Run, Afrika Selatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement