Jumat 10 Feb 2023 16:39 WIB

Ahli Ungkap Pentingnya Drone Bantu Pencarian Korban Gempa Turki

Drone yang dilengkapi dengan sensor panas bisa mendeteksi orang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang menunggu di samping bangunan yang runtuh setelah gempa kuat di kota Diyarbakir, tenggara Turki, Kamis (9/2/2023). Lebih dari 17.000 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka setelah dua gempa besar melanda Turki selatan dan Suriah utara pada Senin (6/2/2023). Ahli Ungkap Pentingnya Drone Bantu Pencarian Korban Gempa Turki
Foto: EPA-EFE/REFIK TEKIN
Orang-orang menunggu di samping bangunan yang runtuh setelah gempa kuat di kota Diyarbakir, tenggara Turki, Kamis (9/2/2023). Lebih dari 17.000 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka setelah dua gempa besar melanda Turki selatan dan Suriah utara pada Senin (6/2/2023). Ahli Ungkap Pentingnya Drone Bantu Pencarian Korban Gempa Turki

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pandangan mata warga dunia kini tertuju pada keadaan hancur yang disebabkan oleh dua gempa bumi, berkekuatan 7,8 dan 7,5 skala richter, yang melanda Turki tenggara dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

Jumlah korban tewas dalam catatan terakhir pada Rabu (8/2/2023), sekarang mencapai lebih dari 11 ribu jiwa. Dilansir Arab News, Kamis (9/2/2023), lembaga bantuan internasional, kelompok kemanusiaan, pasukan militer, pemerintah dan badan sektor swasta, semuanya telah terlibat dalam memberikan bantuan ke wilayah tersebut.

Baca Juga

Salah satu sektor yang dapat merespons situasi tersebut secara tanggap ialah teknologi modern. Drone yang semakin dikenal perannya sebagai senjata dalam peperangan modern juga menjadi alat yang berguna saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi.

"Drone pasti memainkan peran penting di Turki saat ini," kata Henk Jan Gerzee, chief product officer di Digital Container Shipping Association.

 

Gerzee menjelaskan, drone dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang telah terjadi. Drone dilengkapi dengan kamera ultra-high-definition dan dapat dilengkapi dengan sensor dan deteksi panas, dan dengan demikian mendeteksi orang.

"Mereka dapat mengantarkan obat-obatan dan kargo yang lebih kecil. Mereka juga dapat mendeteksi gas berbahaya, seperti metana," katanya.

Presiden Artificial Intelligence Society Jassim Haji, menekankan, peran kecerdasan buatan (AI) dalam bencana seperti itu, meliputi meramalkan kejadian ekstrem, mengembangkan peta bahaya, dan membantu kesadaran situasional dan dukungan keputusan.

Teknologi NASA dapat membantu mendengar detak jantung individu yang terperangkap di bawah puing-puing dan puing-puing. Teknologinya telah sering digunakan setelah gempa bumi. Pada 2015, alat NASA FINDER mampu menemukan empat pria yang terkubur di bawah lumpur, batu bata, kayu, dan puing-puing lainnya setelah gempa bumi di desa Chautara, Nepal.

Teknologi yang sama juga digunakan pada 2017 saat gempa berkekuatan 7,1 di Mexico City. PBB telah memanfaatkan layanan satelit pemetaan daruratnya, sebuah peta langsung yang menunjukkan secara real time kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi dan tingkat dampaknya, dalam beberapa jam pada Senin setelah gempa Turki dan Suriah terjadi.

Namun, konflik politik dapat menjadi kata terakhir ketika datang untuk mendapatkan bantuan dengan cepat ke daerah-daerah yang terkena bencana alam. "Masalah utama adalah bantuan telah dipolitisasi. Meski teknologi ini tersedia, kemungkinan tidak akan mencapai daerah-daerah yang membutuhkan," kata seorang penduduk di Suriah timur laut, yang berbicara kepada Arab News tanpa menyebut nama.

Roj Mousa, seorang jurnalis Suriah dari Afrin, mengatakan semua teman dan kerabatnya ada di bawah reruntuhan sekarang di Afrin dan Jindires. "Saya tidak punya waktu istirahat sejak gempa terjadi. Saya berbicara dengan kerabat saya sepanjang waktu. Tidak ada bantuan yang datang ke daerah ini. Tidak ada air, tidak ada makanan, tidak ada penyelamatan. Kota-kota sekarang semakin hancur," katanya.

Dia menuturkan, orang-orang yang membantu mengeluarkan puing-puing adalah warga sipil yang melakukannya dengan tangan kosong. Tetapi, semua bantuan diblokir oleh anggota milisi Suriah yang dikendalikan Turki.

"Kamera kecil yang digunakan oleh dokter untuk melihat ke dalam reruntuhan sangat membantu, tetapi sulit untuk memasukkan teknologi semacam itu ke area yang diduduki," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement