Jumat 17 Feb 2023 05:05 WIB

Hikmah Mencium Hajar Aswad Bagi Manusia

Mencium hajar aswad adalah sunnah bagi laki-laki dan mubah bagi perempuan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang petugas memberi wewangian untuk Hajar Aswad yang terletak di sudut timur Kabah di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020). Hikmah Mencium Hajar Aswad Bagi Manusia
Foto:

Dalam riwayat lain, dari Ibnu Abbas, diceritakan Hajar Aswad dulu berwarna putih, tapi karena sering dijamah tangan manusia yang penuh dosa, ia berubah menjadi hitam. Karena berubah menjadi hitam, disebutlah makhluk itu sebagai َHajar Aswad.

Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hajar Aswad adalah batu dari surga dan awalnya lebih putih dari salju. Dosa manusialah yang membuatnya menjadi hitam." (HR At-Tirmidzi dari Ibnu ‘Abbas RA)

Ibnu Hajar al-Asqallani menjelaskan, warna hitam Hajar Aswad memberikan petunjuk jika warna batu saja dapat berubah menjadi hitam legam karena disentuh manusia yang kerap berbuat salah dan dosa, bagaimana dengan hati manusia. Tentu hati akan lebih mudah berubah menjadi hitam jika pemiliknya sering berbuat dosa dan kesalahan. Mencium Hajar Aswad mengajarkan manusia agar senantiasa mengingat daya rusak dosa dan maksiat sangatlah besar.

Penjelasan hikmah mencium Hajar Aswad ini dijelaskan dalam buku Tuntunan Manasik Haji dan Umroh yang diterbitkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement