Kamis 30 Sep 2021 02:49 WIB

Museum Seni Islam Tampilkan Sejarah Uang Mesir

Pameran akan berlangsung di Museum Seni Islam hingga 3 Oktober.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Uang Kuno (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Uang Kuno (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  KAIRO -- Museum Seni Islam di Old Cairo saat ini sedang mengadakan pameran yang menampilkan sejarah Mesir yang luas lewat uang.

Dilansir dari laman Cairo Scene pada Rabu (29/9), Pameran 'Journey of Money in Egypt through the Ages' mengundang pengunjung untuk menjelajahi perjalanan panjang 2500 tahun. Ini dimulai dari saat koin pertama dicetak selama era Achaemenid antara 550 SM dan 330 SM, hingga drachma serta statistik oleh Ptolemeus.  

Baca Juga

Pameran ini juga menampilkan dinar emas dan uang tembaga Bizantium, Romawi serta dirham perak yang digunakan oleh Sassanid, sebelum beralih ke mata uang yang digunakan oleh orang Arab. Pameran ditutup dengan era modern yang menonjolkan suksesi dan peredaran uang di Mesir.

Pameran tersebut merupakan sebuah proyek kolaborasi antara Museum Seni Islam, Perbendaharaan Percetakan Uang Kairo dan Pusat Studi Kaligrafi di Bibliotheca Alexandrina. Ini juga mencakup koin tiruan yang baru dicetak, dan panel fotografi dari koleksi mata uang paling penting di Mesir.  

Adapun koin Mesir dianggap sebagai catatan bergambar perkembangan kaligrafi dan tulisan Mesir selama berabad-abad. Perjalanan dan keterampilan kaligrafi serta seniman Mesir dapat ditelusuri kembali melalui wajah koin negara itu.

Pameran akan berlangsung di Museum Seni Islam hingga 3 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement