Rabu 25 Jan 2023 17:19 WIB

Jamaah Haji Lansia di Sultra Jadi Prioritas Berangkat Tahun Ini

Calon jamaah haji diminta mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan.

Jamaah haji lansia (ilustrasi). Jamaah Haji Lansia di Sultra Jadi Prioritas Berangkat Tahun Ini. Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Jamaah Haji Lansia di Sultra Jadi Prioritas Berangkat Tahun Ini. Foto: Antara/M Risyal Hidayat

IHRAM.CO.ID, KENDARI -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada musim haji 2023 akan memprioritaskan calon haji usia lanjut dan telah melunasi pembayaran pemberangkatannya.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sultra, Marni mengatakan setelah Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi menyepakati tidak ada pembatasan usia, maka pihaknya akan memfokuskan para calon haji usia lanjut yang batal berangkat pada musim haji tahun lalu.

Baca Juga

"Istilahnya mereka sudah porsinya, tapi karena dibatasi (kuota) itu hanya 48 persen yang berangkat kemarin dan yang tertunda itu 1.086 orang, itu mereka prioritas, karena sudah porsinya karena sudah membayar tapi ditunda keberangkatannya," kata Marni, Rabu (25/1/2023).

Meski demikian, sampai saat ini kuota haji untuk seluruh Indonesia masih menunggu restu dari Kementerian Agama baik dari jumlah yang akan diberangkatkan hingga persyaratan teknis lainnya yang ditentukan pemerintah. Hal itu termasuk penambahan biaya yang dibebankan kepada seluruh calon haji.

"Sampai saat ini memang belum ada kuota yang pasti, namun tidak salah kalau mereka (jamaah lansia) yang diprioritaskan, karena selain sudah melunasi biaya pemberangkatannya, juga sudah tidak ada batasan usia walau ada biaya tambahan untuk tahun ini," lanjutnya.

Kemenag Sultra mengimbau seluruh calon haji mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan fisik serta mental sembari menanti panggilan Ka'bah. "Penting sekali untuk diketahui para calon haji agar persiapan itu lebih dini, baik dari fisiknya hingga mental sehingga kekhusuan dalam menjalankan ibadah selama di Tanah Suci dapat dicapai dan harapan kami setelah kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur," kata Marni.

Secara nasional, kuota haji Indonesia tahun 2023 sebanyak 221 ribu orang, kuota itu terdiri 203.320 orang haji reguler, dan 17.680 orang haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini juga bertambah yakni 4.200 orang.

Selain tentang kuota, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan pesawat di Jeddah dan Madinah, serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement