Jumat 03 Oct 2014 20:22 WIB

Keunggulan Kaum Quraiys

Kota Makkah di masa lampau. Kaum Qurays sejak dulu menjadi pelayan Tanah Suci.
Foto: Wikipedia.org/ca
Kota Makkah di masa lampau. Kaum Qurays sejak dulu menjadi pelayan Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, Allah telah memberi 70 kelebihan kepada kaum Quraiys yang tidak diberikan kepada seorang pun sebelum maupun sesudahnya.

Allah memberi keunggulan kepada kaum Quraiys karena Rasulullah berasal dari kalangan mereka, kenabian muncul di tengah mereka, penjagaaan Ka’bah ada di tangan mereka; yakni pelayanan Ka’bah dan pengaturan pemeliharaannya untuk orang yang memegang kuncinya.

Pertama kali kunci Ka’bah dipegang oleh Bani Abduddar, kemudian beralih kepada Bani Syaibah berdasarkan keputusan Rasulullah. “Hak memberi minuman juga ada pada mereka,” sabda Rasulullah.

Setelah itu, urusan ini dipegang oleh Alu Al-Abbas, baik masa sebelum maupun sesudah Islam datang. Nabi pun mengakuinya, bahwa tugas ini akan tetap dipegang oleh keluarga Al-Abbas selamanya.

Mereka berkata, “Tidak boleh bagi siapa pun untuk mencabut hak ini dari mereka selama masih tersisa keturunan mereka, walaupun hanya satu orang.”

Di dalam Al-Mujmal disebutkan, “Siqayah adalah wadah air minum di musim haji. Dulu mereka (Quraisy) membeli kismis lalu direndam di dalam air Zamzam dan diberikan kepada orang lain sebagai minuman.”

“Mereka (Quraisy) diberi pertolongan menghadapi pasukan gajah dan mereka menyembah Allah selama tujuh tahun, yakni orang yang memeluk Islam dari kelompok mereka. Tidak ada yang menyembah Allah selain mereka pada masa itu, yang berlangsung di permulaan Islam.”

“Allah menurunkan tentang mereka sebuah surat dari Alquran yang tidak disebutkan padanya seorang pun selain mereka, yaitu surat ‘li ilaafi quraisy’.” (Atlas Haji & Umrah karya Sami bin Abdullah Al-Maghlout)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement