Ahad 20 Oct 2013 22:18 WIB

Jamaah Haji Debarkasi Jakarta Tiba di Tanah Air

Rep: Amri Amrullah/ Red: Citra Listya Rini
Sejumlah jamaah haji Indonesia bersiap menaiki bus yang akan membawa mereka ke Madinah.
Foto: Antara/Saptono
Sejumlah jamaah haji Indonesia bersiap menaiki bus yang akan membawa mereka ke Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kloter pertama jamaah haji Indonesia debarkasi Jakarta tiba di tanah air melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Ahad (20/10) malam pukul 21.40 WIB. 

Kedatangan kloter pertama yang berjumlah 450 orang jamaah dan 5 orang petugas haji ini terlambat satu setengah jam lebih dari jadwal yang telah ditentukan pukul 20.00 WIB.

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Zubaedi mengatakan kedatangan jamaah haji kloter pertama debarkasi Jakarta ini merupakan penerbangan pertama yang dilepas oleh Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali dari Jeddah, Arab Saudi, Ahad pagi waktu Saudi Arabia.

Ia menambahkan setelah kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, jemaah haji yang berjumlah 450 orang ini akan langsung dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Zubaedi juga mengungkapkan jumlah sementara jemaah haji yang wafat di tanah suci sampai tahap pemulangan pertama mencapai 113 orang.

Wakil Sekretaris PPIH DKI Jakarta Latifuddin menambahkan setelah kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, jamaah langsung dilakukan pemeriksaan paspor melalui imigrasi dan pemeriksaan kesehatan. Setelah itu, jelas dia, jamaah dibawa ke asrama haji Pondok Gede, untuk dibagikan tas bagasi dan air zamzam. 

"Baru setelah itu bisa dijemput keluarga masing-masing," ujar Latifuddin.

Jadwal pemulangan jamaah untuk debarkasi Jakarta akan dilakukan mulai 20 Oktober sampai 17 Nopember 2013.

Total kloter di debarkasi Jakarta sebanyak 39 kloter, yang terdiri dari total jamaah 17.711 jamaah dari tiga provinsi, DKI Jakarta, Lampung dan Banten.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement