Jumat 10 Oct 2014 09:34 WIB

Menag Lepas Kloter Pertama Kepulangan ke Tanah Air

Kelebihan barang bawaan jamaah haji yang menggunung di Terminal Barat Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Harun Husein/ca
Kelebihan barang bawaan jamaah haji yang menggunung di Terminal Barat Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH – Proses pelayanan 156.800 orang jamaah haji Indonesia hampir memasuki tahap akhir. Ratusan jamaah haji kelompok penerbangan (kloter) perdana dari sejumlah embarkasi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Kamis (9/10) pagi waktu Arab Saudi (WAS).

Salah satunya Kloter 1 Embarkasi Padang, Sumatra Barat. Kepulangan kloter 1 dengan jumlah jamaah haji 451 orang ini akan dilepas Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 05.00 WAS.

Ratusan jamaah haji tersebut akan diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia Airlines pada pukul 08.20 WAS. Ratusan jamaah ini diperkirakan tiba di Embarkasi Padang, Indonesia, Kamis pukul 21.00 WIB,.

Rombongan jamaah ini sudah diberangkatkan sejak pukul 00.20 WAS dari pemondokan. Saat tiba di Bandara Jeddah, para jamaah ini beristirahat dan makan makanan berat. Seusai makan, mereka menyeleksi kembali barang bawaan agar tak melebihi muatan yang dipersyaratkan pihak Bandara Jeddah. Semua jamaah kemudian membongkar kembali barang bawaannya, sebagian mengurangi bawaan seperti oleh-oleh, air zam-zam, rice cooker, karena melebihi kapasitas.

Sesuai instruksi Garuda berdasarkan aturan internasional, maskapai penerbangan hanya akan mengangkut satu tas jinjing (tenteng) biru milik jamaah berlogo Kemenag dan Garuda Indonesia dan tas kecil untuk paspor serta identitas. Garuda maupun pihak pengelola bandara tidak menoleransi sikap jamaah yang masih ngotot membawa barang bawaan lebih dari satu tas tenteng.

Bila ada jamaah haji yang nekad membawa lebih dari satu tas tenteng/jinjing, maka pihak Garuda meminta jamaah tersebut memilih mana tas yang akan dibawanya. "Atau akan dipilih paksa oleh petugas imigrasi saat melewati pintu x-ray," kata salah satu petugas Garuda kepada jamaah.

Selain Kloter 1 Padang, pada Kamis ini masih ada sepuluh kloter lain dari berbagai embarkasi yang akan dipulangkan melalui Bandara Jeddah. Dua jam setelah Kloter 1 Padang meninggalkan Makkah pukul 00.20 WAS, Kloter 1 Ujung Pandang dijadwalkan masuk bandara dan meninggalkan Makkah. Kloter ini terbang ke Tanah Air pukul 10.20 WAS dan diperkirakan tiba dini hari pukul 02.15 WIB, Jumat (10/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement