Sabtu 15 Aug 2015 09:27 WIB

Haji Lokal Akan Mendapatkan Tarif 40 Persen Lebih Murah

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri
Ibadah haji.
Foto: Republika
Ibadah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Seorang pejabat di Kementerian Haji Arab Saudi menyebut harga paket haji lokal, diperkirakan akan turun antara 30 dan 40 persen tahun ini.

Dilansir dari arabnews.com, kebanyakan operator haji lokal mulai mengubah paket mereka, setelah kementerian mengumumkan peluncuran portal online untuk peziarah lokal.

Menurut sumber itu, portal online akan membantu menekan angka kejadian kampanye haji palsu, menjamin keamanan peziarah, memerangi harga yang terlalu tinggi dan menjamin hak-hak semua pihak.

Hussain Al-Shareef, Wakil Menteri Urusan Haji, mengatakan portal tersebut akan memungkinkan penduduk dan warga, untuk dengan mudah mengakses lisensi perusahaan haji, serta memperoleh informasi yang jelas dan transparan tentang layanan yang disediakan.

Mulai pekan depan, setiap individu dapat mengakses situs tersebut dan mendaftar untuk dapat mengidentifikasi layanan tanpa harus mengunjungi perusahaan.

Ia menuturkan jika kementerian telah berupaya untuk menyatukan jenis layanan yang diberikan, untuk menjamin kesetaraan dan memastikan tidak ada perusahaan, yang menyediakan harga yang terlalu tinggi dalam layanan mereka.

Harga paket haji lokal di bawah sistem baru bervariasi antara SR 5.893 dan SR 8.146 per orang, tergantung pada kelompok dan tingkatan, serta pada bentuk transportasi disertakan. Tahun lalu, harga bervariasi antara SR 8.500 dan SR 14.500, dan sering naik sampai SR 20.000 per orang.

Menurut Osama Al-Filani, Presiden Komite Nasional Haji, portal mencakup sejumlah manfaat positif, karena akan menurunkan harga setidaknya 40 persen tahun ini. Ia juga menyerukan penilaian terhadap situasi dan evaluasi ulang sistem, setelah musim haji selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement