Kamis 27 Aug 2015 04:41 WIB

Selesaikan Urusan Visa, Menag Sambangi Dubes Saudi

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Teguh Firmansyah
Menag Lukman Hakim Saifuddin
Foto: antaranews
Menag Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama bersama Pemerintah Arab Saudi terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya melalui penerapan e-Hajj yang berlaku mulai tahun ini.

Dengan sistem itu dokumen jamaah beserta seluruh jenis layanan yang diberikan harus terintegrasi, termasuk layanan visa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil, Rabu (26/8), bertandang ke Kedutaan Besar Saudi di Jakarta untuk berjumpa dengan Duta Besar Mustofa Mubarak. 

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Saudi yang selama ini telah banyak membantu kelancaran penyelenggaraan haji di Indonesia.

Secara khusus, Lukman menyampaikan apresiasi kepada Dubes Saudi beserta jajarannya yang telah bekerja sampai lembur untuk pengurusan visa jamaah haji Indonesia.

Kunjungan Lukman menemui Duta Besar tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk koordinasi terkait pengurusan visa bagi jemaah haji reguler dan haji khusus. Kedua pihak berupaya menuntaskan penyelesaian visa dalam waktu cepat.

"Kita bersama-sama dengan Kedutaan Saudi Arabia berkomitmen akan menyelesaikan permasalahan visa dalam waktu dekat ini," kata Lukman dalam siaran pers kepada Republika, Rabu (26/8).

Pada 2015, Indonesia akan memberangkatkan 168.800 jamaah haji yang terdiri dari 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 haji khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement