Senin 14 Sep 2015 07:27 WIB

50 Persen Calon Haji Solo Masuk Kategori Risti

Rep: edy setiyoko/ Red: Damanhuri Zuhri
Jamaah haji sakit di Arab Saudi.
Foto: Antara/ca
Jamaah haji sakit di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Calon jamaah haji asal Kota Solo, Jawa Tengah, banyak yang tergolong dalam risiko tinggi (Risti). Dari 368 Calhaj, hampir 50 persen lebih yang Risti. Meski demikian, mereka tetap diberangkatkan ke Tanah Suci.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Solo, Agus Hufron, Senin (14/9), calhaj dikatakan Risti apabila yang bersangkutan sudah berusia 60 tahun.

Selain berusia di atas 60 tahun, calon haji dikategorikan risti apabila menderita penyakit tertentu. Misalnya, penyakit Diabetes Mellitus (DM), Jantung, serta tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Separuh lebih dari total calhaj asal Solo masuk dalam kategori Risti. Untuk itu, kata Agus, butuh pendampingan khusus. Meski demikian, ada juga calhaj yang berusia kurang dari 60 tahun dikatakan Risti, karena memiliki riwayat penyakit tertentu dan butuh pengawasan intensif.

Ia menyebutkan, seluruh calon haji sudah diperiksa kesehatan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Bahkan, terdapat dua dokter spesialis khusus yang merekomendasikan kesiapan calhaj untuk berangkat ke Tanah Suci atau tidak.

Calon jamaah haji asal Kota Solo terbagi dalam dua Kloter, 73 dan 74. Rencananya, mereka diberangkatkan ke Tanah Suci 16 September mendatanag. ''Semoga lancar,'' harap Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement