Rabu 18 Jan 2017 14:49 WIB

Agar Anak tak Rewel Saat Umrah dan Haji

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
Seorang jamaah haji cilik yang plontos digendong ayahnya menuju Jamarat untuk melempar Jumrah Aqabah.
Foto: FAZRY ISMAIL/EPA
Seorang jamaah haji cilik yang plontos digendong ayahnya menuju Jamarat untuk melempar Jumrah Aqabah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Begitu banyak orang tua yang mengajak anaknya melaksanakan umrah dan haji. Menurut para orang tua, mengajak anak merupakan kesempatan memperkenalkan mereka ajaran Islam.

Untuk itu, Republika.co.id akan memberikan tips melaksanakan ibadah umrah bersama anak-anak, berikut tipsnya

Sirah Nabi

Memperkenalkan sejarah Nabi pada anak, akan sangat bermanfaat agar anak semakin mengenal sosok mulia Rasulullah SAW. Orang tua juga menjelaskan tentang tempat-tempat bersejarah yang akan di kunjungi di Tanah Suci.

Agar ketika sudah berada di Tanah Suci anak sudah mengenal tempat yang dimaksud. Misalnya, menjelaskan tentang sejarah Masjid Nabawi, apa saja yang ada di Masjid Nabawi.

Biasakan Sholat Berjamaah Di Masjid

Ada baiknya anak dibiasakan shalat berjamaah dengan tertib dan tidak mengganggu. Dengan begitu, anak tidak merasa aneh dan berat dengan pelaksanaan shalat berjama’ah di Masjid.

Perkenalkan Doa dan Rukun Umrah

Doa-doa yang biasa mereka kenal adalah doa sehari-hari seperti makan, minum dan lain-lain. Sebelum melaksanakan ibadah umrah, baiknya anak-anak sudah di ajarkan tentang niat, dan doa-doa wajib pada pelaksanaan haji atau  umrah.

Latihan Berjalan Kaki

Mulai ajak anak berjalan kaki atau joging dengan waktu bertahap, misal mulai dari 15 menit, lalu  20 menit dan seterusnya. Pada saat latihan berjalan, beri pengetahuan pada anak tentang ibadah thawaf, sai yang dilakukan dengan berjalan.

Ini nantinya akan bermanfaat ketika melaksanakan thawaf dan sai agar anak mengenal dan meminimalkan kemungkinan rewel.

Perkenalkan Perlengkapan Haji Umrah

Anak juga harus tahu tentang pakaian dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan ketika untuk Ibadah Haji dan Umrah. Utamanya, pakaian ihram yang wajib dipakai.  Ini akan sangat bermanfaat karena anak sudah tidak asing dengan pakaian ihram terlebih jika anak laki-laki memakai pakaian ihram khusus.

Ajarkan Komitmen

Mendidik anak untuk berkomitmen memang sedikit menantang dan perlu kesabaran ekstra, mengingat mood anak-anak seirng kali berubah, namun tidak salahnya ajarkan anak untuk berkomitmen bahwa mereka akan mematuhi semua rukun ibadah haji atau umrah.

Agar anak-anak tidak merasa berat dengan ibadah yang dijalankannya, orang tua harus menjadikan perjalanan Ibadah itu menjadi perjalanan yang menyenangkan dan jangan memaksa jika anak sudah kelelahan, karena jika dari hati anak sudah menolak maka ia pun akan sulit menerima apapun yang anda berikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement