Kamis 02 Mar 2017 14:35 WIB

Di Hadapan Raja Salman, Setnov Curhat Soal Kuota Haji

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nur Aini
Setya Novanto
Foto: Republika/Rakhmawtay La'lang
Setya Novanto

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov) menyampaikan pidato pembuka saat kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud di Gedung DPR RI, Kamis (2/3). Dalam kesempatan sambutan pembukannya, Setnov menyampaikan harapannya kepada Raja Salman terkait kuota haji yang diberikan Arab Saudi ke Indonesia.

Setnov berterima kasih kepada Raja Salman yang telah menambahkan kuota haji Indonesia menjadi 221 ribu jamaah. Ia pun berharap Raja Salman berkenan menambah kembali kuota haji kembali untuk Indonesia karena masih panjangnya waktu antrean.

"Waktu antrean jamaah haji Indonesia sangat panjang, bahkan tak jarang calon jamaah haji wafat saat penantiannya," kata Setnov di hadapan Raja Salman dan tokoh yang hadir di ruang Paripurna I, Gedung DPR RI, Kamis (2/3).

Selain membicarakan soal kuota haji, Setnov pun menyebut hubungan baik bilateral Indonesia-Arab Saudi yang telah terjalin lama. Hal itu termasuk ketika kedatangan Raja Faisal ke Indonesia 47 tahun yang lalu.

Saat itu, Raja Faisal menyampaikan ancaman komunisme dan zionisme, tetapi Setnov menegaskan ancaman kedua negara saat ini adalah ekstrimisme dan radikalisme. Karena itu, Setnov pun mengutip perkataan Raja Faisal untuk menegaskan komitmen hubungan erat Indonesia dan Saudi.

"Barang siapa yg berusaha mengingkari hubungan dekat Saudi dengan Indonesia sama dengan mengingkari matahari bersinar di siang hari," kata Setnov menyadur pernyataan Raja Faisal saat kunjungannya ke Indonesia pada 1970 lalu.

Baca juga: Turut Hadir Saat Pidato Raja Salman di DPR, Prabowo Harapkan Ini

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement