Jumat 03 Mar 2017 15:36 WIB

Harapan Malaysia Soal Haji dari Kedatangan Raja Salman

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Raja Salman
Foto: EPA/LINTAO ZHANG/POOL
Raja Salman

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia berharap kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke negara tersebut dapat membuka jalan untuk meningkatkan kelancaran jamaah saat melakukan umrah dan haji di Tanah Suci. Beberapa agen travel haji dan umrah di Malaysia merasakan keinginan tersebut telah direspons positif oleh Pemerintah Saudi.

Hal itu terbukti dari normalisasi kuota haji yang diterima Malaysia dan juga negara lainnya. Seperti diberitakan sebelumnya, awal tahun ini Saudi memulihkan kuota haji Malaysia menjadi 27.800 jamaah dari 22.320 orang saat ada pemangkasan. Pengurangang kuota yang terjadi dalam empat hingga lima tahun belakangan ini akibat adanya renovasi besar-besaran di Masjidil Haram.

Raja Salman akan mempertimbangkan permintaan Malaysia untuk membangun dua pusat jamaah haji dekat Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. General Manager Senior Bidang Penjualan dan Pemasaran TH Travel and Services Sdn Bhd, Zoolina Mohd Naim mengatakan banyak perusahaan travel yang menawarkan paket umrah murah berharap Pemerintah Saudi mau menyediakan fasilitas bagi jamaah.

"Kami (Malaysia) terkenal memiliki operator haji dan tabung haji terbaik. Kami setuju apabila Malaysia meminta manfaat bagi jamaah haji kita," ujarnya seperti dilansir dari Astro Awani, baru-baru ini.

Saat ini, kata dia, jamaah Malaysia telah menikmati berbagai fasilitas. Namun usai kehadiran Raja Salman Zoolina optimistis manfaat yang akan diterima jamaah Malaysia lebih banyak lagi.

Raja Salman menginjakkan kakinya di Malaysia sebelum lawatannya ke Indonesia. Pada Rabu (1/3), Raja Salman meninggalkan Malaysia dan berangkat ke Indonesia melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur. Malaysia adalah negara Muslim pertama di Asia Tenggara yang dikunjungi oleh Raja berjuluk Penjaga Dua Masjid Suci sejak ia naik tahta pada 2015.

Zoolina mengatakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Saudi untuk jamaah haji Malaysia tidak hanya untuk memperkuat hubungan diplomatik baik antara kedua negara, tetapi juga meningkatkan pariwisata di antara mereka. "Kunjungan Raja Salman mencerminkan hubungan baik antara kedua negara dan saya berharap setelah ini lebih banyak warga Saudi akan mengunjungi negara kami," kata dia.

Direktur UMH Travel and Services Mokhtar Ahmad mengatakan setiap fasilitas untuk haji dan umrah akan mendorong lebih banyak orang Malaysia mengunjungi Tanah Suci dan menguntungkan Pemerintah Saudi, serta menghasilkan win-win solution untuk kedua pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement