Senin 15 May 2017 22:00 WIB

Maktour: Jangan Persulit Diri dengan Umrah 'Murah'

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Direktur Operasional biro perjalanan wisata Maktour Mohammad Rocky Masyhur
Foto: Republika/Qommaria Rostanti
Direktur Operasional biro perjalanan wisata Maktour Mohammad Rocky Masyhur

IHRAM.CO.ID, ‎JAKARTA -- Masyarakat diminta kritis terhadap adanya penawaran umrah dengan harga murah di luar batas kewajaran. Masyarakat hendaknya mencari tahu terlebih dahulu tentang biaya kebutuhan umrah maupun mengenai rekam jejak travel yang menawarkan paket murah tersebut.

Direktur Operasional biro perjalanan wisata Maktour Mohammad Rocky Masyhur mengatakan, harga tiket pesawat ke Tanah Suci mencapai Rp 10 juta. Untuk itu, apabila ada travel menawarkan harga di bawah itu, ataupun hanya berselisih sedikit dari Rp 10 juta, maka patut diwaspadai.

Pasalnya, kata dia, kebutuhan umrah tidak hanya sebatas tiket pesawat, tapi juga hotel, makan dan minum, visa umrah, manasik, dan lainnya. "Harus berhati-hati, jangan cuma liat murahnya. Jangan sampai di sana menyusahkan diri," kata dia saat ditemui Republika.co.id di kantornya, Rabu (15/5).

Rocky menganjurkan, masyarakat lebih jeli lagi melihat travel yang akan dipilihnya. Menurut dia, informasi terkait travel umrah ataupun soal harga kebutuhan umrah mudah didapat. Masyarakat diminta menghindari travel umrah yang tidak memberikan fasilitas seperti yang diperjanjikan di awal ataupun yang sering menunda-nunda keberangkatan.

Di sisi lain, Rocky menyebut, Kementerian Agama harus mampu melindungi masyarakat dari ulah travel 'nakal'. Apabila sudah ada sinyal-sinyal yang merugikan calon jamaah, maka Kemenag diminta mengambil sikap. "Harus ditindaklanjuti apa permasalahannya, padahal pesawat setiap hari ada, kok ditunda sampai tahun depan," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement