Rabu 12 Jul 2017 19:56 WIB

1.481 Calhaj Kabupaten Tasik Diberangkatkan Tahun Ini

Rep: RIZKY SURYARANDIKA/ Red: Agung Sasongko
Haji
Foto: AP Photo
Haji

IHRAM.CO.ID, TASIKMALAYA -- Setidaknya 1.481 orang jamaah calon haji asal Kabupaten Tasikmalaya akan diberangkatkan tahun ini. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari kuota tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1.082 orang.

"Pada musim haji tahun ini kami siap memberangkatkan 1.481 calon jamaah, sesuai dengan jumlah kuota yang Kabupaten Tasikmalaya terima. Ada peningkatan kuota 399 jika melihat tahun sebelumnya," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya Agus Abdul Kholik kepada wartawan di Tasikmalaya, Rabu (12/7).

Ia menyebut  jamaah calon haji tahun ini terbagi dalam lima kelompok terbang atau kloter, yaitu kloter 13, 27, 62, 78 dan 92. Dua kloter awal akan diberangkatkan secara mandiri. Adapun tiga kloter lainnya berangkat disatukan dengan kota atau kabupaten lain.

Nantinya, sebelum diberangkatkan ke tanah suci, semua jamaah calon haji diberikan bekal berupa ilmu dan tata cara beribadah. Mereka wajib mengikuti pembekalan manasik haji baik ditingkat KBIH kecamatan atau Kabupaten.

"Khusus untuk tingkat Kabupaten kami laksanakan di lapangan hellypad Cipasung. Hal ini sesuai dengan tuntutan perundang-undangan harus ada manasik selama dua hari di tingkat kabupaten," ujarnya.

Ia mengatakan proses tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang supaya mampu menampung seluruh jamaan. Nantinya pada gelombang pertama diikuti oleh 450 orang dan untuk gelombang kedua kurang lebih sebanyak 600 orang.

"Dengan manasik haji maka makin menambah ilmu bagi calon jamaah. Selain itu, sebagai evaluasi persiapan dan pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement