Rabu 26 Jul 2017 14:24 WIB

Saudi Luncurkan Layanan Haji Murah untuk Domestik

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Haji
Foto: AP/Hassan Ammar
Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan layanan daring baru terkait ibadah haji murah, Rabu (26/7). Layanan online ini memfasilitasi pemesanan akomodasi dan perjalanan haji dengan harga terjangkau.

Dilansir MySalaam, layanan ini berlaku untuk warga Saudi yang belum pernah melakukan ibadah haji. Situs baru tersebut memungkinkan peziarah memilih paket sesuai dengan kemampuan mereka.
 
Kementerian memperkirakan 239 ribu jamaah domestik akan melaksanakan haji tahun ini. Menurut Kepala komite haji lokal, Saad Al-Qurashi, harga tertinggi untuk pelaksanaan haji domestik per orang adalah 3.733 dolar AS atau sekitar Rp. 45 juta dan terendah adalah 933 dolar AS atau Rp. 12 juta.
 
Situs tersebut merinci akomodasi yang diterima jamaah, seperti akomodasi di Mina, makanan yang diberikan hingga transportasi ke beragam situs suci. Paket juga menawarkan layanan perjalanan dengan kereta dari berbagai tempat.
 
Paket pertama yang ditawarkan adalah paket dasar. Harganya bervariasi mulai dari 919 dolar AS hingga 1.279 dolar AS. Paket ini hanya menyediakan akomodasi berupa tenda di Mina dan transportasi, termasuk kereta dan mobil.
 
Paket lainnya adalah paket termahal berkisar antara 1.735 dolar AS hingga 3.174 dolar AS. Paket ini merupakan peningkatan paket dasar untuk makanan dan akomodasi di Mina, disertai pilihan transportasi melalui udara.
 
Dikutip Arab News, situs ini telah diuji coba sejak Senin pagi namun mengalami gangguan hingga tidak bisa diakses. Terlalu banyak pengguna membuka layanan sehingga sistem crash.
 
Sejumlah warganet mengeluhkan jaringan yang lambat ketika mengakses localhaj.haj.gov.sa ini. Meski demikian situs tersebut menjadi salah satu cara termudah dan murah untuk mempersiapkan perjalanan haji.
 
Pengguna bisa langsung mendaftar, memesan akomodasi dan diberi instruksi hingga proses pembayaran. Program ini juga menghindarkan jamaah dari penipuan dari pihak lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement