Calhaj Meninggal Saat Hendak Shalat Subuh di Masjid Nabawi

Selasa , 01 Aug 2017, 20:13 WIB Redaktur : Ilham Tirta
Calon haji meninggal. (ilustrasi).
Calon haji meninggal. (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur menginformasikan seorang jamaah calon haji dari Embarkasi Surabaya asal Nganjuk, Jatim, meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi. Umi Nadhiroh Yunus Husein, calhaj yang meninggal, berusia 71 tahun, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Surabaya, yang berangkat pada 29 Juli lalu.

 

"Penyakit pastinya kami belum tahu. Kami hanya menerima informasi bahwa jamaah calon haji yang bersangkutan meninggal dunia. Begitu saja laporannya," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Achmad Faridul Ilmi dalam jumpa pers di Surabaya, Selasa (1/8).

Terkait

Menurut laporan yang diterima Kanwil Kemenag Jatim, Umi Nadhiroh meninggal dunia pada Senin dini hari sekitar pukul 03.30 waktu setempat. Saat itu, Umi diinformasikan hendak menunaikan shalat subuh di Masjid Nabawi Makkah.

Umi sempat dilarikan ke rumah sakit Al Anshori di Madinah dan sempat mendapat penanganan medis. Namun nyawanya tidak tertolong. Faridul hanya memastikan Umi sudah berusia lanjut. "Meskipun saat berangkat kondisi kesehatannya tergolong baik, tapi cuaca di Arab Saudi yang ekstrem bisa menyebabkan siapapun mendadak sakit," katanya.

Jenazah Umi diurus oleh maktab di Arab Saudi dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Baqi, Madinah. "Tidak mungkin jenazahnya dibawa pulang ke sini karena itu juga berkaitan dengan ibadahnya," ujarnya.

Dia memastikan pemakaman Umi yang diurus oleh Maktab di Madinah juga didampingi oleh Tim Kesehatan dari kloter yang bersangkutan. "Tim Pembimbing Ibadah Haji atau TPIH dari kloternya juga menyertai untuk mengurus sertifikat kematiannya," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini