Senin 07 Aug 2017 22:23 WIB

Rumah Calon Haji Kudus Bakal Dijaga Aparat Keamanan

Keberangkatan jamaah calon haji. (Ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Keberangkatan jamaah calon haji. (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, KUDUS -- Aparat Kepolisian Resor Kudus dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0722/Kudus, Jawa Tengah, bakal mengawasi dan mengamankan rumah jamaah calon haji yang berangkat ke Tanah Suci Makkah. kata Bupati Kudus, Musthofa mengatakan, pengamanan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah.

"Untuk menjalankannya, tentu dikoordinasikan dengan Polres maupun Kodim Kudus," ujarnya ditemui usai pemberangkatan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 37 di Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (7/8).

Ia berharap calon haji yang meninggalkan rumah dalam kondisi kosong tanpa penunggu akan tetap tenang dan kusyuk dalam menjalankan ibadah haji. Selain melibatkan polisi dan TNI, pengamanan rumah akan melibatkan Pol PP serta Kader Siaga Trantib (KST).

Kehadiran camat di sembilan kecamatan dalam pelepasan calon haji, katanya, juga bertujuan agar mereka menjalankan tugas yang diperintahkan. "Camat harus turut bertanggung jawab, terutama untuk mengingatkan masing-masing kepala desa untuk turut memonitor rumah kediaman calon haji di wilayahnya," ujarnya.

 

Ia berharap hingga mereka kembali ke Tanah Air, kondisi rumahnya tetap terjaga dengan aman. Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning akan menindaklanjuti permintaan Bupati Kudus dengan memerintahkan jajarannya memonitor rumah jamaah yang berangkat ke Tanah Suci.

Ia mengaku akan segera berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kudus untuk meminta data dan alamat calon haji yang berangkat ke Tanah Suci. "Kami akan mendeteksi, apakah rumahnya tanpa penghuni atau masih ada yang menempatinya," ujarnya.

Setelah ada pemetaaan, dan ternyata ada rumah calon haji yang tidak ada penunggunya, maka Polres Kudus akan berbagi tugas dengan Polsek yang bisa melibatkan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) melakukan pemantauan rumah calon haji tersebut.

Rencana awal terdapat 1.318 calon haji yang akan diberangkatkan. Namun, terdapat pengurangan empat orang, sehingga hanya tersisa sebanyak 1.314 orang yang terbagi menjadi empat kelompok terbang (kloter). Untuk kloter 37 terdapat 355 calon haji, kloter 85 terdapat 297 calon haji, kloter 86 terdapat 355 calon haji, dan kloter 87 terdapat 206 calon haji.

Kloter 37 diberangkatkan hari ini, Senin (7/8), dengan jumlah calon haji yang berangkat hanya 354 orang karena terdapat satu orang yang batal berangkat. Untuk kloter 85 dijadwalkan berangkat pada 21 Agustus 2017, dan kloter 86 dan kloter 87 diberangkatkan pada 22 Agustus 2017.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement