Rabu 23 Aug 2017 19:17 WIB

Jalanan Makkah Mulai Ramai

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Gita Amanda
salah satu sudut Kota Makkah
Foto: Nashih Nashrullah Republika
salah satu sudut Kota Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Seluruh jamaah haji Indonesia telah berada di Makkah Al Mukarromah, Arab Saudi. Tak hanya jamaah asal Indonesia, jamaah dari berbagai negara juga terus berdatangan. Ini menyebabkan jalanan-jalanan di Kota Makkah mulai dipadati jamaah dan kendaraan yang mengangkut mereka.

Keramaian di Makkah sangat terasa. Jamaah haji Indonesia tampak mendominasi. Berbeda dengan di Madinah, di Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyewa satu hotel untuk jamaah Indonesia sehingga tidak bercampur dengan jamaah dari negara lain. 
 
Bus shalawat tampak hilir mudik mengantar jamaah haji Indonesia dari hotel menuju Masjid al-Haram, Rabu (23/8). Mobil-mobil pribadi juga ramai di jalanan. Kepadatan terjadi saat lampu lalu lintas menyala merah.
 
Kemacetan biasanya terjadi saat sore karena jamaah haji hendak melaksanakan shalat Maghrib di Masjid al-Haram. Kemacetan akan bertahan hingga usai shalat Isya sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi (WAS).
 
Sejak Subuh, banyak polisi berpatroli di jalanan. Mereka berkeliling dengan menyalakan sirene. Toko-toko yang menjual perkakas, suvenir, kebutuhan sehari-hari dan restoran juga ramai dikunjungi jamaah haji. Selain jamaah haji Indonesia, tampak pula jamaah haji dari Iran dan Turki. Jamaah dari kedua negara tersebut kebanyakan tinggal berdekatan dengan jamaah Indonesia.
 
Suhu di Makkah, pada Rabu, tercatat 43 derajat Celsius. Namun, diibandingkan dengan Madinah, suhu di Makkah cenderung lebih sejuk. Angin yang berembus tidak sepanas di Madinah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement