Senin 04 Sep 2017 18:39 WIB

Jamaah Haji Purbalingga Diperkirakan Pulang 7 September

Rep: Eko WidiyatNo/ Red: Ilham Tirta
Jamaah haji Indonesia. (Ilustrasi).
Foto: Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji Indonesia. (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PURBALINGGA -- Rombongan jamaah haji asal Kabupaten Purbalingga yang masuk dalam kloter 42, diperkirakan akan pulang dan tiba kembali di Tanah Air pada Kamis (7/9), mendatang. Untuk itu, Bupati Purbalingga Tasdi, rencananya akan menjemput langsung jamaah haji tersebut di asrama haji Donohudan Boyolali.

''Jemaah haji asal Purbalingga yang masuk dalam kloter 42 berjumlah sekitar 351 orang. Mereka ini yang besok akan dijemput Bupati,'' jelas Kabag Kesra Setda Purbalingga, Priyo Satmoko, Senin (4/9).

Dia menyebutkan, jumlah keseluruhan jama'ah haji asal Purbalingga yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2017 ini, sebenarnya berjumlah 815 orang. Namun, empat orang batal berangkat, dan dua orang jamaah meninggal di Tanah Suci. Dengan demikian, ada sebanyak 809 jamaah haji yang kelak akan pulang kembali ke Tanah Air.

Menurutnya, jamaah haji kloter 42 yang merupakan rombongan pertama jamaah haji asal Purbalingga yang berangkat ke Tanah Suci, akan tiba Bandara Adi Sumarmo sekitar pukul 17.00. Berdasarkan jadwal tersebut, jamaah haji asal Purbalingga kemungkinan baru akan dilepaskan dari Asrama Haji Donohudan untuk kembali ke Purbalingga pada pukul 20.00. Dengan perkiraan waktu tersebut, jamaah diperkirakan baru tiba di Purbalingga sekitar pukul 02.00 atau pukul 03.00 dini hari.

''Jemaah haji ini akan langsung menuju Pendopo Setda Purbalingga. Namun penjemput jamaah kami batasi 1 orang per jamaah dengan menggunakan atribut pengenal. Hal ini karena halaman pendopo yang terbatas, sehingga tidak akan bisa menampung seluruh penjemput. Terlebih bila kendaraan juga ikut parkir di halaman pendopo,'' katanya.

Priyo juga menyebutkan, saat pemberangkatan ke Tanah Suci, jumlah jamaah kloter 42 tercatat 352 orang. Namun seorang jamaah kloter ini meninggal seorang di Tanah Suci.

Sedang untuk jamaah haji yang masuk kloter 43 dan 44, menurut Priyo, akan tiba di Tanah Air sekitar tanggal 20 September yang seluruhnya berjumlah 501 orang. Pesawat yang ditumpangi jamaah kedua kloter, mendarat di Bandara Adi Soemarmo hanya jeda waktu beberapa jam. ''Jemaah haji kloter 43 ini, nantinya akan dijemput langsung oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah H Pratiwi,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement