Jumat 26 Jan 2018 16:23 WIB

Jumlah Aplikasi Haji Pakistan Pecahkan Rekor

Jumlah permohonan haji pada skema pemerintah sebanyak 374.829.

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Muslim Pakistan
Foto: Reuters
Muslim Pakistan

IHRAM.CO.ID,  Pendaftaran aplikasi haji 2018 di Pakistan memecahkan rekor dari penyelenggaraan yang pernah ada. Kementerian Agama Pakistan menerima sejumlah besar aplikasi haji. Jumlah permohonan haji pada skema pemerintah sebanyak 374.829.

Dilansir dari Research Snipers pada Jumat (26/1), pemerintah hanya memilih 120 ribu calon jamaah dari total aplikasi untuk mengikuti musim haji 2018. Pemilihan berlangsung pada Jumat ini.

Pejabat senior Kementerian Agama Pakistan mengatakan terdapat sejumlah daerah yang mengajukan aplikasi tertinggi, yakni, Karachi dengan 81.985 aplikasi, Lahore dengan 72.843 aplikasi, Islamabad dengan 67.896 aplikasi. Disusul kota lain, seperti, Quetta, Peshawar, Faisalabad, Multan, Sukkur, Rahimyar Khan, dan Sialkot.

Sejak persetujuan kebijakan haji 2018 diumumkan, kementerian mengumumkan tanggal penyerahan permohonan aplikasi haji pada belasan bank yang ditunjuk. Penyerahan dimulai pada 15 Januari sampai 24 Januari di seluruh Pakistan.

Sesuai kebijakan baru, pemerintah memutuskan biaya haji 2018 tidak berubah dari tahun sebelumnya. Jamaah haji dari Provinsi Punjab dan Khyber Pakhtunkhwa harus menyerahkan 280 ribu rupee pada bank. Sementara calon jamaah haji dari Sindh dan Baluchistan menyerahkan 270 ribu rupee.

Kementerian Agama Pakistan memutuskan memberi subsidi pada biaya tambahan sebagai impas pemeberlakuan pajak oleh Pemerintah Arab Saudi. Kendati mengakui sulit menyediakan layanan berkualitas terbaik seperti, akomodasi dan transportasi, Pemerintah Pakistan mencoba memfasilitasi para peziarah sebaik mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement