Kamis 22 Feb 2018 12:55 WIB

Telangana India Mulai Proses Visa Haji

Kuota Telangana untuk musim haji 2018 sebanyak 4.066 kursi.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Calon haji India
Foto: hajhouse.com
Calon haji India

IHRAM.CO.ID, HYDERABAD -- Komite Haji Negara Bagian Telangana (THSC) telah mengirimkan 3.586 Paspor Internasional ke Komite Haji India (HCI), Mumbai untuk Pemrosesan Visa, Rabu (21/2). Ketua TSHC Mohammed Masiullah Khan menyampaikan, kuota Telangana untuk musim haji 2018 sebanyak 4.066 kursi.

Dilansir Kantor Berita Hans India, Masiullah Khan mengatakan, sebanyak 508 pemohon dipilih secara otomatis karena masuk kategori jamaah di atas 70 tahun. Sementara jamaah yang tersisa dipilih melalui Qurrah.

Secara keseluruhan 3.586 paspor diajukan di kantor Komite Haji, sementara 141 peziarah NRI akan mengirimkan paspor mereka nanti. Sebanyak 67 peziarah terpilih telah membatalkan perjalanan mereka.

 

Menurut data, ada 17.130 pelamar telah mengajukan permohonan untuk haji 2018. Pada 12 Februari adalah tanggal terakhir pembayaran angsuran pertama yakni 81 ribu rupee per orang untuk haji terpilih.

Pekan lalu, Kamp Pelatihan Orientasi Pertama untuk jamaah haji terpilih dari Tengalana telah dimulai. Pembekalan digelar di Balai Fungsi Taman Hi-Tech, Old Malakpet, Hyderabad.

Masihullah Khan memimpin jalannya pelatihan. Menurut otoritas, pelatihan ini merupakan sarana sosialisasi kebijakan tentang pelaksanaan haji 2018. Kegiatan digelar setiap akhir pekan hingga sebelum keberangkatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement