Selasa 06 Mar 2018 18:05 WIB

NAHCON Wajibkan Semua Calon Jamaah Haji Miliki NIN

NIN itu sebagai bagian dari izin melakukan ibadah haji 2018.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
calon haji Nigeria
Foto: naijaloaded
calon haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) memutuskan semua calon jamaah haji asal negara tersebut harus mendapatkan Nomor Identitas Nasional (NIN) sebagai bagian dari izin melakukan ibadah haji 2018. Dilansir di Independet.Ng pada Selasa (6/3), NAHCON bermitra dengan Komisi Manajemen Identitas Nasional (NIMC) untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Komisi Haji Nasional akan memastikan bahwa setiap jamaah yang berniat, mendapatkan nomor NIMC sebelum memulai haji tahun 2018," kata CEO NAHCON Abdullahi Muhammad.

Dia siap mengerahkan staf khusus untuk menjaga kerahasiaan data calon jamaah haji. Kendati perekaman data jamaah adalah tanggung jawab NAHCON, menurut dia, NIMC dengan mandat undang-undang untuk mendaftarkan warga negara, harus diizinkan menjalankan fungsinya. Dengan demikian, dia meyakini, hal itu menghindari duplikasi usaha dan pemborosan sumber daya yang tidak perlu.

Untuk membuat latihan komprehensif, NAHCON berencana membawa dewan kesejahteraan dan penyelenggara tur peziarah negara bagian tersebut. Direktur Jenderal NIMC Aliyu Aziz mengucapkan, terima kasih kepada manajemen NAHCON karena mendaftarkan semua orang Nigeria. Ia meminta agensi lain mengikuti langkah NAHCON.

"NAHCON sebagai yang teratas di antara organisasi Pemerintah Federal yang memiliki nilai inti badan pendaftaran," ujar Aziz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement