Jumat 09 Mar 2018 15:46 WIB

Imigrasi Mataram Beri Waktu Khusus Jamaah Haji Urus Paspor

Pihak imigrasi Mataram buka layanan khusus Sabtu-Ahad untuk jamaah haji.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Agung Sasongko
Paspor Haji
Paspor Haji

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram Dudi Iskandar mengatakan pelayanan paspor untuk jamaah haji di NTB berjalan dengan baik hingga saat ini. "Selama ini masih berjalan dengan baik, proses masih berjalan dengan baik, belum ada hambatan," ujar Dudi kepada Republika.co.id di Mataram, NTB, Jumat (9/3).

Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, kata Dudi, berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah SWT yang berasal dari NTB tersebut. Dudi menyampaikan, hingga saat ini belum ditemui permasalahan dalam pembuatan paspor haji di NTB. Kendati begitu, Kantor Imigrasi Kelas I Mataram akan terus meningkatkan koordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB terkait paspor haji tersebut.

Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, lanjut Dudi, memberikan waktu khusus bagi para jamaah haji mengurus paspor, yakni saat akhir pekan tiba. Layanan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para calon jamaah haji dalam pembuatan paspor. Namun begitu, permohonan paspor haji juga dilayani pada hari-hari biasa sebagai antisipasi jika calon jamaah haji tak sempat mengajukan permohonan paspor di akhir pekan.

"Kita buka layanan khusus di Sabtu-Minggu untuk jamaah haji jadi mereka kita layani khusus. Kalau mau datang hari biasa juga kami persilakan, tapi Sabtu-Minggu benar-benar kita fokuskan untuk jamaah haji," lanjut Dudi.

Dudi menyebutkan, total permohonan paspor haji di NTB berkisar di angka 4 ribuan. Selain melayani permohonan paspor haji di Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, calon jamaah haji yang berada di Kabupaten Lombok Timur juga bisa langsung mengajukan permohonan di Unit Pelayanan Paspor (ULP) Lombok Timur, sebagai kantor cabang imigrasi Mataram. Kata Dudi, pelayanan ULP di Lombok Timur tak lepas dari jumlah penduduk terbanyak NTB berada di kabupaten tersebut.

Hingga saat ini, kata Dudi, total permohonan paspor untuk keperluan haji di Kantor Imigrasi Kelas I Mataram sebanyak 1.302 paspor. Dari 1.302 permohonan paspor, 885 permohonan sudah selesai, yang kebanyakan berasal dari jamaah haji di Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan di Unit Pelayanan Paspor (UPP) di Lombok Timur, dari 700 permohonan paspor haji, 380 sudah terlayani dengan baik.

"Ini akan kita terus selesaikan dengan baik, dan akan terus memberikan kemudahan bagi para calon jemaah haji di NTB," ucap Dudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement