Kamis 05 Jul 2018 09:38 WIB

450 Ribu Warga Saudi Daftar Haji

Jamaah paling banyak berasal dari Riyadh.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji padati Jabal Rahma.
Foto: Republika/Nashih Nasrullah
Jamaah haji padati Jabal Rahma.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Lebih dari 450 ribu jamaah domestik Arab Saudi terdaftar di e-portal Kementerian Haji dan Umrah untuk melakukan haji tahun ini. Proses pendaftaran yang dibuka sejak 29 Mei telah ditutup pada Selasa (3/7).

Kementerian mengatakan sekitar 375 ribu orang telah terdaftar dalam haji yang difasilitasi dan murah. Lebih dari 75 ribu memilih kategori umum. Riyadh memimpin semua kota dalam jumlah jamaah domestik, diikuti Makkah dan Dammam.

Melalui e-portal, kementerian memungkinkan semua jamaah meninjau layanan yang disediakan perusahaan haji lokal dan harganya sehingga mereka dapat memilih berdasarkan pendapatan dan kemampuan keuangan. Mulai awal Juli, kementerian mulai mengumpulkan dana secara elektronik dan memenuhi kursi kuota sebelum mengeluarkan izin haji bagi mereka.

Menteri Kesehatan Tawfiq Al-Rabeea mengatakan, kementeriannya bertekad mempersiapkan semua fasilitas kesehatan terbaik di Makkah, Madinah dan tempat-tempat suci lainnya. "Kami akan menyediakan fasilitas ini dengan peralatan medis yang memadai, obat-obatan, dan tenaga kerja," katanya dilansir di Saudi Gazette, Rabu (4/7).

Rabeea memeriksa rumah sakit, pusat kesehatan dan klinik di Makkah dan tempat-tempat suci pada Selasa. Inspeksi dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam memberikan perawatan medis kepada para tamu Allah. Ia menginstruksikan staf medis mengerahkan upaya maksimal dan memastikan kesejahteraan jamaah.

Ada 25 rumah sakit umum di Makkah dan tempat-tempat suci yang akan melayani jamaah. Selain itu, ada sekitar 155 pusat kesehatan yang memiliki lebih dari 5.000 tempat tidur. Kementerian juga akan menyediakan 180 ambulans yang terdiri dari 80 kendaraan besar dan 100 kendaraan kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement