Selasa 10 Jul 2018 17:00 WIB

Kuota Haji Kabupaten Bandung 2.582 Orang

Kloter pertama akan diberangkatkan 17 Juli Mendatang

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agung Sasongko
Petugas melakukan pemeriksaan Calon Jamaah haji kloter 5 asal Kuningan di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, Kota Bekasi, Jabar, Kamis (11/8).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas melakukan pemeriksaan Calon Jamaah haji kloter 5 asal Kuningan di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, Kota Bekasi, Jabar, Kamis (11/8).

IHRAM.CO.ID, SOREANG -- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung mengungkapkan jumlah kuota haji di Kabupaten Bandung pada 2018 mencapai 2.582 orang. Dengan jumlah kloter enam dan satu kloter gabungan. Kloter pertama atau kloter keempat di Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan pada 17 Juli mendatang.

Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Dah Saefullah mengatakan kuota haji sebanyak 2.582 orang dari jumlah kuota haji Jawa Barat sebanyak 38.567 orang. Kloter pertama yang berangkat sebanyak 410 jamaah calon haji didampingi tim pemandu haji Indonesia), tim pembimbing ibadah haji Indonesia), dokter dan paramedis.

“Kuota untuk haji Kabupaten Bandung tahun ini sebanyak 2.582 dengan 6 kloter utuh dan 1 kloter gabungan," ujarnya, Selasa (10/7).

photo
Infografis Penggantian Haji

Menurutnya, pada 2018 Kemenag mengeluarkan beberapa kebijakan baru terkait penyelenggaraan haji 1439 Hijriah/ 2018 yaitu percepatan keimigrasian, pemberian kode pada gelang jemaah, yang berisi data personal jemaah haji.

Serta penambahan makan jemaah yang dari 25 kali menjadi 40 kali dan layanan cepat untuk koper, paspor dan hotel untuk jemaah. Selain itu, calon jemaah haji meninggal sebelum keberangkatan bisa diganti oleh keluarganya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira menambahkan pihaknya mengimbau agar jamaah calon haji menjalankan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan sesuai prosedur.

"Jalankanlah ibadah haji ini dengan sebaik-baiknya dan ikuti prosedurnya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement