Rabu 18 Jul 2018 09:50 WIB

Empat Kloter Calhaj Jabar Dapat Layanan Imigrasi Cepat

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan 20 loket imigrasi khusus.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah Jamaah Calon Haji kloter pertama embarkasi Jakarta antre pemeriksaan keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/7).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Sejumlah Jamaah Calon Haji kloter pertama embarkasi Jakarta antre pemeriksaan keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/7).

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak empat kelompok terbang (kloter) calon jamaah haji (calhaj) pertama dari Embarkasi Jawa Barat berangkat ke Madinah menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dari Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (18/7). Mereka menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang disiapkan Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di bandara.

"Saudia Airlines sebagai salah satu maskapai dengan rute penerbangan landing Madinah bangga dapat memberikan kemudahan bagi penumpangnya," kata Manager Saudia Airlines untuk Indonesia, Australia dan New Zealand, Ala Omar Jefri saat acara pelepasan calhaj di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa malam (17/7).

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Usamah Mohammed Abdullah Shuibi menyampaikan, Indonesia adalah negara kedua dengan percepatan layanan imigrasi calhaj setelah Malaysia. Saat calhaj tiba di Madinah, mereka tidak perlu lama-lama mengantre lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.

photo

"Kami berharap dengan kemudahan kepengurusan imigrasi ini, para penumpang kami dapat menjalankan ibadah dengan rasa aman dan nyaman, pelayanan terbaik dan inovasi yang terus menerus menjadi prioritas kami dalam 40 tahun melayani masyarakat Indonesia," ujarnya.

Pelaksanaan keberangkatan calhaj pertama dari Embarkasi Jawa Barat berjalan lancar. PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Soekarno-Hatta telah mempersiapkan 20 loket imigrasi khusus. Mereka juga dibantu sejumlah petugas keimigrasian yang dikerahkan langsung oleh Kerajaan Arab Saudi.

Sebelumnya, calhaj melakukan pengambilan sidik jari dan foto biometrik di Embarkasi. Calhaj yang berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno-Hatta melakukan verifikasi dokumen dan mendapatkan stempel visa di bandara. Mereka tidak perlu lagi antre untuk verifikasi dokumen dan mendapatkan stempel visa saat tiba di Arab Saudi.

Acara pelepasan calhaj juga dihadiri Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso dan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali. Juga dihadiri Airport and Services Senior Manager Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II, Sugeng Hariyadi. Mereka semua menyaksikan penyederhanaan proses keimigrasian calhaj.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement