Kamis 19 Jul 2018 13:40 WIB

Kelompok Pertama Calhaj Iran Tiba di Madinah

Sebanyak 85.200 jamaah asal Iran diperkirakan akan melaksanakan ibadah haji tahun ini

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Kelompok pertama jamaah haji asal Iran telah tiba di Bandara Internasional Prince Muhammad Bin Abdulaziz di Madinah, Arab Saudi. Sementara itu, sebanyak 85 ribu jamaah lainnya dari Iran akan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah mulai 25 Juli mendatang. 

Ketua Lembaga Tawafa untuk Jamaah Iran, Talal Qutub, mengatakan semua pengaturan telah dirampungkan untuk menerima jamaah asal negeri Persia tersebut. Menurutnya, sebanyak 10 kantor lapangan yang diisi oleh staf yang terlatih dan berkualifikasi tinggi akan melayani jamaah tersebut. 

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (19/7), sebanyak 85.200 jamaah asal Iran diperkirakan akan melaksanakan ibadah haji tahun ini. Angka itu menurun dibanding tahun lalu, di mana sebanyak 86.000 jamaah melaksanakan haji. 

Sementara itu, penerbangan yang membawa jamaah dari Indonesia sebagai bagian dari inisiatif Makkah Road telah tiba di Madinah. Jamaah tersebut menyelesaikan semua prosedur imigrasi di titik embarkasi di tanah air. 

Setidaknya, 11 badan pemerintah telah menjalankan upaya bersama untuk menyelesaikan proses imigrasi sebelum jamaah tiba di tujuan akhir mereka. Inisiatif itu datang sebagai bagian dari upaya pemerintah Saudi untuk mempercepat prosedur dan mempersingkat masa tinggal jamaah pada saat kedatangan di bandara Saudi sesuai dengan Visi Kerajaan 2030. 

Melalui inisiatif itu, sebuah terminal khusus dibuat untuk menyambut kedatangan jamaah. Sementara bus menunggu jamaah dan akan langsung mengantarkan mereka ke tempat akomodasi atau penginapan sementara mereka. Inisiatif ini resmi diluncurkan melalui penerbangan dari jamaah Malaysia dan Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement