Sabtu 21 Jul 2018 06:24 WIB

Puluhan Jamaah Haji Dibekali Obat Antihipertensi

.

 Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MUKOMUKO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membekali 55 calon jamaah haji obat hipertensi atau tekanan darah tinggi untuk mencegah penyakit tersebut.

"Kami berikan obat pendukung antihipertensi karena mereka membutuhkan obat itu saat menjalankan ibadah di Tanah Suci," kata Pengelola Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Kasihasi, Jumat (20/7).     

Sebanyaklima orang calon jamaah Mukomuko mutasi ke embarkasi Jambi dan satu orang meninggal dunia sehingga jumlah jamaah yang berangkat 172 orang. Sebanyak 10 orang diabetes, empat orang asma, 12 orang rematik, enam orang mengalami penyakit lambung, empat orang memiliki gangguan kolesterol, dan 20 orang gangguan radang sendi.    

Selain memberi puluhan calon jamaah haji obat antihipertensi, Dinkes Mukomuko juga membekali jamaah haji lainnya obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dideritanya.     

Kasihasi menjelaskan, mayoritas calon jamaah haji asal daerah itu mengalami hipertensi karena faktor usia yang sudah tua sehingga tubuhnya mudah lelah. Ia menyarankan, puluhan calon jamaah haji yang mengalami hipertensi memanfaatkan waktu untuk istirahat seefisien mungkin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement