Ahad 22 Jul 2018 05:33 WIB

Bangladesh Siapkan Penerbangan Khusus Keberangkatan Haji

Bangladesh mendapat 126.798 kuota haji tahun ini

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Jamaah haji Bangladesh.
Foto: Daily Sun
Jamaah haji Bangladesh.

IHRAM.CO.ID, DHAKA -- Pihak berwenang Bangladesh mengatur penerbangan khusus untuk mengakomodir keberangkatan calon jamaah haji asal negara tersebut.

"Pihak berwenang di Dhaka telah mengatur penerbangan khusus untuk membawa para jamaah ke Makkah," kata Direktur Kantor Haji di Dhaka Mohammad Saiful Islam dilansir dari Arab News, Ahad (22/7).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan, Bangladesh mendapat 126.798 kuota haji tahun ini. Dari jumlah tersebut, pemerintah Bangladesh mengirim 6.798 calhaj di bawah skema haji pemerintah. Sementara sebanyak 120 ribu kuota, dikelola oleh operator haji swasta.

"Kami telah menyelesaikan semua persiapan untuk mengirim calhaj ke Makkah," ujar Islam.

Kementerian Urusan Agama Bangladesh memberikan pelatihan haji di 64 distrik di Bangladesh. Otoritas mengajarkan berbagai materi dasar-dasar haji dan aturan formalitas lainnya untuk bekal selama tinggal di Arab Saudi.

Selain itu, Islam mengatakan, petugas kesehatan haji yang berjumlah 40 orang sudah berada di Arab Saudi. Petugas administratif telah bekerja menginformasikan berbagai persiapan dan kebutuhan ibadah haji. Dalam situasi darurat, Islam mengatakan, calhaj dapat menghubungi nomor telepon tempat asosiasi haji Bangladesh di Saudi.

Sebelum bertolak ke Saudi, calhaj Bangladesh dikumpulkan dalam sebuah kamp haji di Ashkona, dekat Bandara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka untuk persiapan akhir. Maskapai penerbangan Biman Bangladesh Airlines (operator resmi Bangladesh) dan Saudi Airlines akan membawa calhaj Bangladesh bertolak ke Tanah Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement