Selasa 07 Aug 2018 13:20 WIB

Asosiasi Haji Saudi Siapkan 18.400 Bus

Bus dilengkapi dengan teknologi GPS yang mengarahkan ke tujuan yang dikehendaki

Tampilan bus-bus yang akan mengangkut jamaah haji dari Makkah ke Madinah mulai 26 Juli ini.
Foto: republika/fitriyan zamzami
Tampilan bus-bus yang akan mengangkut jamaah haji dari Makkah ke Madinah mulai 26 Juli ini.

IHRAM.CO.ID, Oleh Erdy Nasrul dari Makkah

MAKKAH — Asosiasi Kendaraan Bermotor (an-naqabah al-‘Amah lissayyarat) Saudi menyediakan sebanyak 18.400 bus untuk mengangkut 1,8 juta jamaah haji tahun ini. Mereka akan disuguhi pelayanan menuju sejumlah situs suci yang ada di sejumlah tempat.

Presiden asosiasi tersebut Abdurrahman bin Ma’yuf al-Harbi mengatakan pihaknya memberikan dukungan besar dari berbagai pihak yang terlibat melayani dhuyufurrahman.  Hal itu dilakukan berdasarkan motivasi setiap tahun untuk meningkatkan pelayanan haji dan umrah.

Peningkatan ini sejalan dengan visi Saudi 2030 dan program transformasi nasional yang merencakanan peningkatan ekonomi Saudi. Caranya dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas untuk menambah pundi-pundi pendapatan negara.

Kepada al-Arabiya Abdurrahman menjelaskan sejumlah 34 perusahaan otomotif yang dinaunginya telah mengadakan bus terbaru. Semuanya akan menyediakan transportasi jamaah haji dari tempat kedatanhgan jamaah menuju sejumlah destinasi situs suci di Makkah dan Madinah.

Bus dilengkapi dengan teknologi GPS yang mengarahkan ke tujuan yang dikehendaki dan menghindari keterlambatan. Bus juga mengedepankan efisiensi waktu dengan sejumlah rencana perjalanan yang dibicarakan sebelumnya.

Biasanya para peziarah Tanah Suci mengunjungi tempat berikut ini: Masjid al-Haram, pemakaman Ma’la di dekat Masjid al-Haram, penginapan Jabal al-Ka’bah, melewati jalan King Faishal, Tamah Husainiyah, Swalayan bin Dawud di Syisyah, sejumlah penginapan di Rushaifah, Rei Bakhsy, Misfalah, dan lainnya

Abdurrahman mengungkapkan program transportasi ini diharapkan menambah kenyamanan jamaah menikmati tempat-tempat tersebut. Bus akan datang mengantarkan jamaah dan tiba di tujuan tepat waktu. Perangkat teknologi di dalamnya sudah cukup baik, karena dilengkapi dengan penunjuk arah yang memandu pengemudinya menuju akses tercepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement