Ahad 12 Aug 2018 02:24 WIB

Amirul Hajj Minta Jamaah Doakan Kedamaian

Ia meminta jamaah juga tak melupakan saudara-saudara se-Tanah Air.

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Israr Itah
Amirul Hajj Indonesia Menag Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdulaziz Jeddah, Sabtu (11/8). Ia meminta para jamaah mendoakan keselamatan dan kedamaian Indonesia.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyan Zamzami
Amirul Hajj Indonesia Menag Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdulaziz Jeddah, Sabtu (11/8). Ia meminta para jamaah mendoakan keselamatan dan kedamaian Indonesia.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai amirul hajj Indonesia menitipkan doa pada jamaah haji di Tanah Suci. Ia meminta jamaah mendoakan keselamatan dan kedamaian bagi warga Tanah Air di tengah rundungan bencana dan sedang menjelang kontestasi politik.

Menurutnya, di tempat-tempat mustajab di Tanah Suci, jamaah tentu mengutamakan berdoa bagi keselamatan dan kesejahteraan diri sendiri dan keluarga masing-masing. Meski begitu, ia meminta jamaah juga tak melupakan saudara-saudara se-Tanah Air yang tengah didera bencana alam.

“Doakan saudara-saudara kita di Lombok. Doakan agar masyarakat Lombok dan Bali tabah dan sabar dan agar daerah itu segera pulih kembali,” kata Menag selepas menengok jamaah yang hendak berangkat ke Makkah di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Sabtu (11/8) sore.

Selain itu, Lukman juga berharap jamaah mendoakan keselamatan bangsa dan negara. Juga meminta agar bangsa Indonesia mampu menghadapi semua cobaan.

Selain itu, di tengah memanasnya persaingan politik di Tanah Air, Menag memohon jamaah mendoakan terjaganya perdamaian di Tanah Air. “Doakan juga perdamaian untuk Tanah Air karena kedamaian adalah hal yang harus selalu kita upayakan dan kita perjuangkan,” kata dia.

Sedikitnya 175 ribu jamaah Indonesia telah tiba di Tanah Suci hingga Sabtu (12/8) malam. Seluruh jamaah tersebut telah berada di Makkah sembari menanti pelaksanaan puncak ibadah haji di Arafah, Mina, dan Muzdalifah. Umat Islam meyakini, banyak lokasi di Tanah Suci sebagai tempat-tempat dikabulkannya doa-doa jamaah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement