Kamis 30 Aug 2018 13:17 WIB

310 Jamaah Haji Lagos Kembali ke Tanah Air

Jamaah haji Nigeria menghabiskan tiga pekan untuk beribadah haji.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Nigeria terbang menggunakan maskapai Max Air.
Foto: Daily Trust
Jamaah haji Nigeria terbang menggunakan maskapai Max Air.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebanyak 310 jamaah haji asal Lagos, Nigeria mulai kembali ke Tanah Air menggunakan maskapai penerbangan Medview jenis pesawat Airbus 777.

Sekretaris Eksekutif Dewan Kesejahteraan Jamaah Muslim Negara Bagian Lagos, Abdul Rahaman Ishola mengatakan jamaah haji tersebut berasal dari empat daerah pemerintahan. Pesawat mendarat di Bandara Internasional Murtala Muhammed (MMIA), Lagos pada Kamis (30/8) pukul 06.45 waktu setempat.

Kembalinya jamaah haji lebih awal itu, memenuji janji yang disampaikan Amirul Haji dan Komisaris untuk Negeri Abdullateef Abdul-Hakeem. Ia pernah menjanjikan jamaah haji akan menghabiskan waktu kurang dari sebulan di Tanah Suci. Padahal, jamaah haji tahun sebelumnya menghabiskan 42 hari di Tanah Suci.

Pemberangkatan perdana jamaah haji asal Lagos ke Tanah Suci dilakukan pada 2 Agustus 2018. Karena itu, jamaah haji hanya menghabiskan waktu sekitar tiga pekan untuk beribadah haji.

Ishola menyarankan jamaah haji mematuhi ketentuan bagasi seberat 32 Kg dan delapan Kg yang disetujui oleh operator dan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON). Ia memperingatkan, jamaah tidak membeli barang-barang berlebihan di Tanah Suci. Sebab, pemangku kepentingan berwenang mengambil barang yang melebihi ketentuan bagasi.

Ishola juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Akinwunmi Ambode yang turut menyukseskan operasi haji di Lagos tahun ini. Sebab, ia mengatakan, Gubernur Akinwunmi berpartisipasi menyediakan logistik yang diperlukan untuk membuat operasi haji berjalan sukses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement