Selasa 25 Sep 2018 13:11 WIB

Kloter Terakhir Jamaah RI Pulang Hari Ini

Pelepasan dipimpin langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Petugas Daker Bandara memayungi jamaah lansia di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Petugas Daker Bandara memayungi jamaah lansia di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

Oleh: Fitriyan Zamzami dari Madinah, Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Kloter terakhir jamaah haji Indonesia akhirnya dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Selasa (25/9). Kloter 63 dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) yang pulang terakhir tersebut dilepas langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Kloter 63 JKG tersebut akan mengangkut sebanyak 388 penumpang yang terdiri atas jamaah dan lima petugas pendamping kloter. Rombongan tersebut didorong dari hotel pada tengah hari dan tiba di Bandara Madinah sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Di bandara, mereka dijadwalkan mengikuti seremonial pelepasan yang langsung dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada pukul 17.00 waktu setempat sebelum diarahkan ke dalam bandara untuk menjalani pemeriksaan keimigrasian dan pemindaian barang bawaan sebelum bertolak ke Tanah Air pada malam hari.

Jamaah Indonesia tiba di Tanah Suci pada 17 Juli lalu. Gelombang kedatangan pertama dimulai di Bandara Madinah kemudian dilanjutkan di Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Sementara, gelombang pertama pemulangan dari Bandara Jeddah dimulai pada 27 Agustus hingga 9 September lalu. Sebanyak 218 kloter yang mengangkut 88.944 penumpang dipulangkan pada gelombang pertama tersebut. Perinciannya, jamaah haji sebanyak 87.853 orang dan petugas kloter 1.091 orang.

Pada dua hari terakhir pemulangan gelombang, menurut Kepala Seksi Siskohat PPIH Arab Saudi, Nurhanuddin, masih ada 23 kloter yang tersisa. "Garuda masih 17 kloter dan Saudi Air masih 6 kloter," kata Nurhan di Jeddah, Senin (24/9).

Informasi tersebut sesuai dengan pendataan Bagian Siskohat pada Senin (24/9) pukul 10.00 waktu Arab Saudi. Debarkasi yang menyisakan 1 kloter adalah Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Lombok (LOP), Medan (MES), Padang (PDG), dan Makassar (UPG). Sedangkan debarkasi Aceh (BTJ), Batam (BTH), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Surabaya (SUB). Sementara debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) tersisa 4 kloter dan Solo (SOC) menyisakan 5 kloter.

Sejak pemulangan gelombang dua dari Bandara Madinah pada 9 September lalu, telah 488 kloter kembali ke Tanah Air. Sebanyak 195.884 jamaah bersama 2.439 petugas yang menyertai jamaah sehingga total telah kembali 198.323 orang.

Baca juga: Jamaah Haji Banyumas Terbanyak yang Meninggal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement